7 Sumber Pengetahuan Belajar Tentang Saham


Banyak dari rekan trader dan investor yang ingin memulai belajar saham, maupun yang sudah memiliki pengalaman trading beberapa bulan sampai dengan 1 tahun, tetapi masih belum bisa mencetak profit di saham. 
Yap, tidak sedikit trader saham yang belum bisa mencetak profit konsisten di saham karena trader belum paham cara menganalisis saham untuk memilih saham2 yang menguntungkan. Banyak trader yang masih mencari referensi untuk menambah pengetahuan, serta analisa trading dan juga investasi. 
Ada 7 sumber pengetahuan belajar saham yang dapat meningkatkan pemahaman anda supaya bisa menganalisa saham, trading saham serta mencetak profit konsisten. Anda bisa pertimbangkan belajar saham dari 7 sumber berikut: 


1. Buku / ebook praktik trading saham 

Buku yang membahas mengenai trading dan investasi saham bisa menambah pengetahuan anda untuk belajar saham. Namun tidak semua buku / ebook saham cocok untuk praktik trading.  

Anda harus bisa memilih buku ataupun ebook saham yang mengarah langsung pada strategi trading yang simpel, sehingga bisa anda terapkan secara langsung untuk trading dan memilih saham yang potensial. 

Sehingga dengan adanya buku saham, anda bisa praktik trading dan tidak hanya sekedar belajar teori.
Jadi ebook-ebook saham ini biasanya berisi full strategi analisis teknikal, screening saham, swing trading, intraday trading, and of course bisa anda terapkan secara langsung untuk memilih saham yang menguntungkan. 

2. Blog atau website belajar saham 

Saat ini ada banyak blog atau website yang membahas tentang pengetahuan & belajar saham yang bisa anda akses secara free. Jika anda ingin menambah pengetahuan tentang  saham, anda bisa searching dan mempelajari website yang membahas mengenai belajar saham, trading dan juga investasi. 


3. Seminar saham

Mengikuti seminar saham bisa menjadi pilihan untuk menambah pengetahuan belajar saham. Saat ini ada banyak sekali seminar-seminar tentang saham. Namun untuk mengikuti seminar saham, anda juga harus bisa menyeleksi seminar saham yang bermanfaat.  

Tips dari saya, pilihlah seminar saham yang benar-benar memberikan edukasi saham. Hindari seminar dengan judul yang terlalu bombastis dan tidak realistis, misalnya: 

- Ikutilah seminar trading jago analisis teknikal dalam 5 menit saja
- Ikutilah seminar cara profit 50% dalam waktu singkat
- Hadirilah seminar cara untung di saham hanya dalam sehari 

Jangan sampai anda membuang uang jutaan bahkan sampai puluhan juta untuk membeli seminar yang ujung-ujung nya hanya menyuruh anda untuk mengikuti seminar lagi yang harganya lebih mahal. Padahal uang tersebut harusnya bisa digunakan untuk modal awal trading anda.    

4. Youtube saham 

Youtube saham juga dapat anda gunakan sebagai sarana untuk belajar saham. Anda bisa memilih materi saham yang sesuai dengan karakter anda (mengenai belajar pemula atau trading ataupun investasi saham jangka panjang), sebagai pelengkap anda untuk menambah pengetahuan saham. 

5. Grup-grup saham 

Grup saham dapat menambah pengetahuan anda untuk belajar saham, karena di grup saham, banyak trader yang berbagi ilmu dan pengalaman trading. Namun, sama seperti anda mengikuti seminar saham, anda juga harus selektif dalam pemilihan grup untuk belajar saham. 

Perlu anda ketahui juga, banyak grup saham yang 'disusupi' oleh bandar saham, dan banyak grup saham yang seringkali menebar fear atau ketakutan ketika pasar saham sedang jatuh. Jadi anda harus memilih grup saham yang benar-benar dapat memberikan ilmu trading / investasi untuk anda pribadi sehingga tidak terjebak oleh berita yang kurang jelas dari grup tersebut. 

6. Orang-orang yang lebih pengalaman di saham

Banyaklah belajar dari orang-orang yang sudah pengalaman di saham, entah broker anda, atau mungkin anda punya kenalan trader yang bertahun-tahun trading saham, anda bisa belajar banyak dari mereka. 

Saya sendiri saat masih pemula juga banyak mendapatkan ilmu trading saham dari teman-teman yang lebih pengalaman dan banyak belajar dari broker saya di kantor sekuritas. Cara ini sangat efektif untuk menambah sumber pengetahuan anda mengenai saham.  

7. Praktik trading otodidak 

Poin ini yang harus benar-benar anda praktikkan, yaitu praktik trading secara otodidak. Pengetahuan trading anda akan semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu jika anda mempraktikkan sendiri cara-cara menganalisa, memilih saham dan trading mandiri. 

Setiap analisa saham, mengamati market, membeli saham, semuanya merupakan bagian dari sebuah proses belajar saham. Dari sinilah anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan saham, mulai dari cara memilih saham yang benar, hingga kriteria saham yang bagus untuk dibeli. 

Jadi, melalui ebook saham, website, orang-orang yang pengalaman, hal ini akan memudahkan anda untuk menerapkannya ke dalam praktik trading. 

Hal ini seringkali dilupakan oleh kebanyakan trader saham, karena tidak sedikit trader dan investor yang maunya mendapatkan profit secara  instan tanpa praktik dan menganalisa saham secara mandiri. 

Padahal untuk menambah pengetahuan di saham, salah satu kuncinya adalah  harus menajalaninya sendiri dengan cara belajar saham otodidak. 

Itulah 7 sumber pengetahuan saham yang dapat anda gunakan untuk menjadikan anda semakin mahir (bisa mencetak profit) dalam trading saham. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita saat mulai belajar saham.



0 Response to "7 Sumber Pengetahuan Belajar Tentang Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel