rangkuman materi dan contoh soal kelas 4 tema 6 Cita-citaku SBdP "Ketukan Tempo serta Tinggi Rendah Nada"

rangkuman materi dan contoh soal kelas 4 tema 6 Cita-citaku SBdP "Ketukan Tempo serta Tinggi Rendah Nada"


Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak siswa kelas 4, semoga hari ini dalam keadaaan sehat. Karena dengan kondisi yang sehat kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang kita inginkan. Dan dengan keadaan yang sehat pula kita bisa belajar bersama di tema 6 tentang cita-citaku khususnya muatan pelajaran SBdP yakni ketukan tempo serta tinggi rendah nada. Mari kita belajar bersama.


KETUKAN

Untuk bisa menjadi penyanyi hebat kita harus menguasai cara menyanyi yang baik. Untuk itu kita harus belajar teknik bernyanyi salah satunya adalah ketukan. Panjang pendeknya suatu nada tidak menggunakan satuan waktu, tetapi menggunakan ketukan. Ketukan adalah lamanya suatu nada dinyanyikan atau dibunyikan. 

Satu ketukan artinya nada bergerak satu kali bolak balik pulang dan pergi. Masih bingung tentang pengertian ketukan yuk kita andaikan yaa. Bayangkan antara jarak dari ruang tamu kita dengan kamar mandi. Anggap saja kita jalan satu kali bolak-balik antara ruang tamu dan kamar mandi. Nah perjalanan kita dari ruang tamu sampai ke kamar mandi lalu kembali lagi ke ruang tamu dalam satu kali perjalanan ibarat satu ketuk not. Kira-kira seperti itu penjelasan dasarnya.


Nilai ketukan terbesar adalah satu ketukan dan bisa jadi lebih kecil, dipecah lagi menjadi ½, ¼, 1/8, bahkan sampai 1/16. Jadi bila menggunakan permisalan perjalanan kita tadi, satu ketuk adalah bila kita langsung loncat dari ruang tamu ke kamar mandi, ½ ketuk adalah bila berjalan dua langkah dengan jarak yang sama, ¼ ketuk adalah kita berjalan empat langkah, 1/8 berjalan delapan langkah, 1/16 kita berjalan enam belas langkah dalam jarak yang sama.


Jadi jaraknya tidak berubah ya hanya langkahnya saja yang lebih banyak atau lebih sedikit. Permisalan lainnya adalah kita memiliki satu loyang pizza. Pizza yang belum dipotong hitungannya satu. Pizza yang sudah dipotong dua bagian nilainya ½, potong empat bagian nilainya ¼, delapan bagian nilainya 1/8, enam belas bagian maka nilainya 1/16. Tapi bila pizza itu digabungkan maka nilainya tetap satu pizza. Hanya saja sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian.


Perhatikan melodi berikut

/ 5 . . . / 7 . . 1 /

nada 5 memiliki 4 ketuk dinyanyikan atau dibunyikan selama 4 ketukan

nada 7 memiliki nilai 3 ketuk dinyanyikan atau dibunyikan selama 4 ketukan

nada 1 memiliki nilai 1 ketuk dinyanyikan atau dibunyikan selama 1 ketukan

Bunyi yang panjang dapat dibantu dengan lambang legatura. Legatura adalah garis lengkung yang menghubungkan antara beberapa nada yang tingginya sama.


TEMPO DAN TINGGI RENDAH NADA

Tempo adalah cepat dan lambatnya sebuah lagu. Kecepatan dalam suatu birama diukur dengan menggunakan sebuah alat yang disebut metronome. Berikut ini beberapa tanda tempo beserta artinya:

a. largo artinya dinyanyikan dengan lambat. Contoh lagu Satu Nusa Satu Bangsa

b. grave artinya dinyanyikan dengan sangat lambat. Contoh pada lagu Bagimu negeri 

c. moderato artinya dinyanyikan dengan sedang.

d. allegro artinya dinyanyikan dengan cepat. Contoh lagu Indonesia tetap merdeka

e. presto artinya dinyanyikan dengan sangat cepat.

Lagu dengan tempo lambat biasanya dipakai pada lagu yang bersifat sedih, romantis dan syahdu.

Lagu dengan tempo sedang umumnya bersifat megah dan bergembira,

Lagu dengan tempo cepat biasanya dinyanyikan dengan gembira dan penuh semangat.


Latihan soal

1. Apa yang kamu ketahui tentang ketukan ?

2. Nilai ketukan terbesar adalah ....

3. Alat untuk mengukur kecepatan birama adalah ....

4. Jika sebuah lagu memiliki tempo allegro maka lagu tersebut harus dinyanyikan dengan ....

5. Tuliskan satu judul lagu dengan tempo grave !


Selamat Belajar


0 Response to "rangkuman materi dan contoh soal kelas 4 tema 6 Cita-citaku SBdP "Ketukan Tempo serta Tinggi Rendah Nada""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel