"Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia" pendidikan pancasila kelas 4 kurikulum merdeka

 



Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik kelas 4. Bagaimana kabar hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi pendidikan pancasila dibab 3 tentang menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Yuk kita simak dan pelajari bersama.



Keragaman suku di Indonesia

Simbol dari sila ketiga Pancasila adalah pohon beringin, yang menggambarkan negara Indonesia sebagai tempat berlindung yang nyaman bagi seluruh rakyatnya. Sedangkan sulur serta akar menggambarkan keragaman bangsa Indonesia. Indonesia memiliki beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Wilayah Indonesia terbentang dari sabang sampai merauke dengan bentuk wilayah kepulauan sehingga memiliki kondisi geografis yang berbeda. Setiap pulau ditempati sekelompok masyarakat dengan kesamaan ciri fisik, bahasa, adat istiadat, dan keseniannya. Kelompok masyarakat inilah yang dinamakan suku bangsa.


Suku bangsa adalah kelompok masyarakat dengan ciri dan budaya yang sama. Terdapat ratusan suku bangsa di Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah. Contohnya suku jawa, suku badui, suku samin, suku sunda, yang berada di pulau jawa. Dengan adanya perbedaan suku yang ada di Indonesia perlu adanya rasa saling menghargai dan menghormati antar suku. Contoh tindakan saling menghargai dan menghormati dalam keragaman suku diantaranya :

1. Menghargai kedua orang tua meskipun berasal dari suku bangsa yang berbeda. 

2. Bermain bersama semua teman tanpa memandang suku bangsanya.

3. Menjaga ketertiban saat tetangga mengadakan acara adat.



Keragaman Budaya di Indonesia

Budaya adalah adat istiadat yang dimiliki suatu suku bangsa. Budaya diwariskan turun temurun dari nenek moyang hingga generasi sekarang. Budaya di Indonesia dapat berupa bahasa, lagu, alat musik, pakaian, senjata, tari, serta rumah adat.

1. keragaman bahasa daerah dan cara menghargainya

Bahasa daerah adalah bahasa yang digunakan oleh suatu suku bangsa. Setiap bahasa daerah memiliki dialek masing-masing, sehingga agar setiap orang dari berbagai daerah tetap bisa berkomunikasi dengan baik maka bangsa Indonesia memiliki bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Walaupun demikian kita harus menghargai keragaman bahasa di Indonesia sebagai kekayaan yang harus kita lestarikan.

Contoh sikap yang dapat kita lakukan untuk menghargai keragaman bahasa daerah adalah :

a. meminta teman mengajari bahasa daerah

b. meminta penjelasan tentang bahasa yang tidak dimengerti

c. berbicara dengan teman berbeda suku menggunakan bahasa indonesia


2. Keragaman lagu daerah dan cara menghargainya

Lagu daerah adalah lagu khas suatu daerah, yang biasanya menggunakan bahasa dan dialek daerah setempat. Kita harus ikut melestarikan lagu daerah yang ada di Indonesia dengan cara diantaranya sebagai berikut :

a. memberi tepuk tangan setelah teman menyanyikan lagu daerah

b. mempelajari lagu daerah lain

c. menyanyikan lagu daerah dengan lirik yang benar


3. Keragaman alat musik tradisional dan cara menghargainya 

angklung


Terdapat berbagai jenis alat musik daerah di Indonesia. Misalkan dari jawa barat ada angklung, Papua ada alat musik tifa, dari Nusa tenggara Timur ada sasando. Oleh sebab itu kita harus menghargai keragaman alat musik daerah tersebut. Beberapa contoh tindakan saling menghargai keragaman alat musik daerah diantaranya :

a. mempelajari alat musik tradisional daerah lain

b. memuji keindahan bentuk dan suara dari alat musik tradisional


4. Keragaman pakaian daerah dan cara menghargainya

Pakaian daerah merupakan pakaian khas suatu daerah yang menjadi ciri khas dan biasanya dikenakan saat perayaan. Keragaman pakaian daerah harus kita hargai sebagai kekayaan budaya di Indonesia. Cara menghargai keragaman pakaian daerah diantaranya :

a. memakai pakaian daerah dengan rasa bangga

b. memuji keindahan pakaian daerah lain

c. menyimpan pakaian daerah dengan baik


5. Keragaman senjata tradisional

Senjata tradisional merupakan senjata khas suatu daerah. Contoh senjata tradisional di Indonesia adalah keris yang biasanya digunakan sebagai pelengkap pakaian daerah dalam upacara adat. Cara yang dapat kita lakukan untuk menghargai perbedaan senjata tradisional diantaranya :

a. memuji keindahan bentuk senjata tradisional daerah lain

b. mempelajari sejarah senjata tradisional daerah lain


6. Keragaman tari tradisional dan cara menghargainya

Tari adalah gerak tubuh secara berirama untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran serta untuk menceritakan sesuatu. Tari tradisional merupakan tarian yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam kelompok masyarakat tertentu. Tari tradisional dipentaskan dalam upacara adat, penyambutan tamu, serta kegiatan keagamaan. Sikap menghargai keragaman tari tradisional dapat kita tunjukkan dengan cara :

a. menonton pementasan tari tradisional hingga selesai

b. mempelajari tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia


7. Keragaman rumah adat dan cara menghargainya

rumah gadang


Rumah adat adalah rumah yang dibangun sesuai dengan ciri khas dan budaya masyarakat suatu daerah. Salah satu rumah adat yang kita kenal adalah rumah gadang yang berasal dari sumatra barat. Contoh tindakan menghargai keragaman rumah adat di Indonesia adalah :

a. melepas alas kaki sebelum memasuki rumah adat

b. mendengarkan penjelasan tentang rumah adat

c. menunjukkan kekaguman terhadap keunikan rumah adat


Demikian sedikit materi tentang menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Semoga bermanfaat


Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan suku bangsa ?

2. Tuliskan 2 contoh tindakan saling menghargai dan menghormati dalam keragaman suku bangsa !

3. Sebutkan 2 contoh alat musik tradisional beserta daerah asalnya !

4. Mengapa tari tradisional harus dilestarikan ?

5. Pakaian daerah merupakan pakaian khas suatu daerah yang menjadi ciri dari daerah tertentu. Berilah 2 contoh tindakan menghargai keragaman pakaian daerah !




0 Response to ""Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia" pendidikan pancasila kelas 4 kurikulum merdeka "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel