HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP



Hubungan antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya


Pernahkah kamu melihat kupu-kupu hinggap pada bunga untuk mengisap madu? Kupu-kupu   mendapatkan makanan dari bunga berupa madu. Pada saat itu bunga juga dibantu oleh kupu-kupu, yaitu terjadinya proses penyerbukan. Pernahkah juga kalian melihat benalu yang menempel pada pohon mangga ? benalu mendapat makanan dari pohon mangga tersebut sedangkan pohon mangga justru di ambil makanannya. Di alam ini, ada tumbuhan dan hewan atau dan hewan saling membantu. Namun, ada juga hewan dan hewan yang saling memakan. Bagaimana terjadinya simbiosis? Bagaimana pula terjadinya peristiwa makan dan dimakan antara hewan?

Hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup disebut simbiosis. Simbiosis ada yang disebut simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme dan simbiosis parasitisme.

Komensalisme : Hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang keduanya tidak diuntungkan juga tidak dirugikan.
Contohnya anggrek menepel pada tanaman lain












Mutualisme : Hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.
Contohnya kerbau dan jalak



Parasitisme: Hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lain dirugikan.
Contohnya benalu yang menempel pada tanaman lain


















RANTAI MAKANAN




Pernahkah kamu melihat di televisi atau melihat secara langsung serangga pemakan daun beterbangan di atas permukaan air? Serangga-serangga yang beterbangan tersebut secara tiba-tiba disambar dan dmakan oleh ikan-ikan kecil yang berada di bawah permukaan air. Namun,ikan-ikan kecil pemakan serangga itu pun selanjutnya akan di makan oleh ikan yang lebih besar.

Hubungan makan dan dimakan disebut juga rantai makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakan antarmakluk hidup. Coba kalian cari contoh rantai makanan yang lain !


HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN
Alam yang indah dapat membuat suasana nyaman. Ini semua adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Di alam terdapat saling ketergantungan antarmakhluk hidup juga antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang tak hidup. Bagaimana jika lingkungan tempat makhluk hidup rusak? Apakah makhluk hidup juga dapat mempengaruhi keadaan lingkungan?

Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya akan terganggu jika ada gangguan, seperti penebangan hutan, kebakaran hutan, perburuan hewan secara hewan, atau pencemaran baik udara, air, dan tanah.

0 Response to "HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel