Tips mengisi libur sekolah yang seru dan bermanfaat



Tidak terasa libur telah berjalan selama satu minggu tapi tidak ada salahnya kalau bisa memanfaatkan sisa liburan dengan kegiatan yang seru tapi juga tetap berkualitas dan bermanfaat. Libur kenaikan kelas memang lebih panjang untuk tahun 2019 ini dibandingkan dengan libur lebaran kemarin dan sudah sepantasnya untuk bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin baik untuk anak maupun orang tua itu sendiri. Orang tua harus bisa mengarahkan anak untuk menjadikan liburan lebih bermakna tanpa mengurangi kesenangan anak tentunya, karena anak sekarang lebih suka bahkan lebih dekat dengan gadget dibanding dengan orang tua itu sendiri. Untuk itu kali ini akan kita bahas tips liburan seru dan berkualitas semoga bisa menginspirasi kita.

1. Berwisata dengan keluarga
Berwisata saat liburan tentu sangat menyenangkan, tidak hanya buat anak tetapi kita sebagai orang tua juga akan merasa lebih fresh dan bisa menghilangkan kepenatan ditengah kesibukan yang mendera selama ini. Namun kita harus bisa mensikapi kemungkinan yang terjadi dan pastinya kita sudah mempersiapkan segalanya jauh sebelumnya sehingga saat wisata bisa menikmati dengan senang dan gembira. Kita juga harus memperkirakan waktu yang kita miliki untuk menikmati libur jangan malah saking asyiknya tiba-tiba kita sudah capek saat pulang dan langsung kerja nanti malah ditempat kerja akan menghilangkan mood yang ada. Selain itu tentunya karena tujuan wisata adalah untuk anak maka juga hatus memperhatikan tempat wisata seperti apa yang cocok buat liburan anak. Dan yang paling penting lagi harus memperhatikan keuangan yang kita miliki jangan besar pasak daripada tiang yang ada habis liburan tidak senang malah meriang hehehe...

2. Mengerjakan hobi yang disukai
Liburan tidak harus diisi dengan wisata, mengerjakan hobi yang disukai juga sangat asyik bahkan bisa menyita waktu dan sampai lupa kalau tiba-tiba liburan sudah usai. Misalnya yang suka mancing bisa mengajak ayah atau teman yang punya hobi sama untuk mencati spot yang bisa untuk memancing, atau kalau tidak bisa juga ke pemancingan juga boleh. Untuk yang perempuan bisa membantu ibu di rumah memasak siapa tau nanti habis liburan ikut lomba master chef bisa jadi juara. Atau mungkin yang suka dengan hewan peliharaan misalnya burung mungkin dengan liburan ini bisa lebih efektif untuk lebih intens dalam memelihara dan masih banyak hobi yang lain yang bisa dijadikan kegiatan selama liburan.

3. Membantu orang tua kita
Sebagai anak yang sangat berbakti tentu tidak ada salahnya kalau momen liburan digunakan untuk membantu orang tua. Misalnya kalau orang tua kita seorang pedagang kita bisa ikut membantu walau hanya mungkin ikut menemani pasti orang tua akan senang dan merasakan betapa anak kita bisa memahami keadaan orang tuanya. Kalau ayah kita seorang petani bisa ikut ke sawah sambil merasakan bagaimana kalau bekerja di sawah. Atau kalau kita tidak ikut bisa dirumah bersama ibu membantu bersih-bersih rumah ataupun mengerjakan hal lain hal yang demikian akan menyenangkan hati orang tua.

4. Mengikuti kursus atau latihan untuk mengasah bakat kita
Hal positif lain yang bisa kita kerjakan adalah dengan mengasah bakat yang kita miliki di saat liburan. Tentunya waktu liburan merupakan waktu yang tepat untuk mengasah bakat dan minat karena ada waktu yang lebih longgar untuk melakukan hal tersebut. Kita bisa mengikuti kursus singkat atau mungkin gabung dengan sanggar yang biasanya saat liburan juga membuka kegiatan yang memang dikhususkan untuk mengisi waktu liburan.

5. Bermain dengan teman
Sebenarnya hal ini sudah kita lakukan setiap hari. Namun biasanya bermain dengan teman itu lebih seru saat liburan misalnya saja kita janjian main bola bersama, atau yang perempuan bisa mengajak teman untuk masak bareng di rumah siapa itu juga lebih seru.

6. Persiapan kebutuhan sekolah
Dan hal terakhir yang tak boleh dilupakan adalah selama apapun kita liburan toh nanti akhirnya juga akan sekolah lagi. Jadi alangkah baiknya kalau diakhir liburan kita mempersiapkan kebutuhan sekolah misalnya buku ataupun alat tulis yang perlu diganti atau diperbaharui.

Demikianlah sedikit tips mengisi waktu liburan yang seru tapi tetap berkualitas semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat. Terimakasih

10 Responses to "Tips mengisi libur sekolah yang seru dan bermanfaat"

  1. Iya kebutuhan sekolah sekarang tambah mahal ya
    Harus bener bener cerdik nyiasatinnya

    Kalo liburan aku enaknya ngumpul keluarga kemana saja ataupun cuma dirumah dah seneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas sekarang kebutuhan sekolah tambah melambung tinggi sedangkan pendapatan masih gini-gini aja, harus lebih semangat dalam bekerja

      Delete
  2. Di sini liburan sekolah belum seminggu..libur baru mulai Senin besok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda ya ternyata, kirain sama kalau di semarang sudah seminggu berlalu dan masih 2 minggu lagi liburnya

      Delete
  3. Liburan anak2 saya malah jadi gemuk.. makaaan mulu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling tidak anak-anak masih bisa merasakan liburan dan bangun siang ya bang itupun sudah sangat senang

      Delete
  4. Pernah seseorang bercerita, liburan sekolah dia ke tempat saudaranya membantu berjualan sekalian mencari pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus itu, memang pengalaman itu mahal harganya

      Delete
  5. Maaf, saya baru berkesempatan singgah di blog ni. Terima kasih kerana sudi comment di blog sy. I'll back soon utk baca dan comment lagi...see ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali semoga tidak bosan ya...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel