teks eksplanasi pengertian ciri struktur dan contohnya

vina191214.blogspot.com

TEKS EKSPLANASI

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi penjelasan tentang berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita.
ciri-ciri teks eksplanasi adalah :
1. memuat informasi berdasarkan fakta
2. berisi informasi bersifat keilmuan
3. menjelaskan proses terjadinya fenomena alam atau sosial

Struktur teks eksplanasi
1. pernyataan umum
   berisi penjelasan umum yang akan dibahas misalnya tentang bencana tsunami, banjir bandang, tanah longsor.
2. deretan penjelas
   berisi penjelasan dan pernyataan umum yang telah dibuat.
3. Kesimpulan
   Ini merupakan simpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Bersifat opsional artinya bukan suatu keharusan dalam teks eksplanasi untuk ada kesimpulan dalam akhir teks.

Perhatikan contoh teks eksplanasi dibawah ini :
Gempa Bumi
Pernyataan umum
Gempa bumi adalah peristiwa guncangan yang diakibatkan oleh pergerakan lapisan bumi. Getaran ini berasal dari dasar lapisan bumi. Terdapat daerah tertentu yang sering kali mengalami guncangan gempa bumi. 

Deretan Penjelasan

Karena adanya suatu aktivitas gerakan atau pergeseran lapisan dasar bumi dan meletusnya gunung berapi yang sangat kuat, pada akhirnya menyebabkan gempa bumi. Selain itu, terjadinya gempa bumi sangat cepat dan akibatnya sangat terasa begitu kuat terhadap daerah sekitar. Getaran gempa  yang sangat kuat dan menyebar ke segala arah, yang mengakibatkan semua bangunan menjadi rata dengan tanah. Bahkan kejadian tersebut bisa membawa korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, ada 2 jenis untuk penggolongan gempa bumi yakni gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Terjadinya gempa vulkanik disebabkan oleh suatu gempa yang disebabkan gunung berapi yang berukuran besar meletus. Gempa vulkanik biasanyalebih jarang terjadi jika dibanding gempa tektonik. Sedangkan gempa tektonik adalah lunaknya lapisan kerak bumi yang dapat menjadikan pergerakan maupun pergeseran.

Berdasarkan teori tektonik lempeng, menjelaskan bahwa ada beberapa lapisan buatan yang merupakan bagian dari bumi kita. Sebagian besar daerah yang berlapis kerak ini nantinya akan hanyut serta mengapung di suatu lapisan, sama seperti salju. Pergerakan lapisan ini begitu pelan, sehingga antara lapisan satu dengan lainnya akan bertabrakan dan pecah. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa gempa bumi terjadi.

Kesimpulan

Tanpa mengenal musim, gempa bisa terjadi tanpa mengenal waktu. Namun, gempa sering terjadi di daerah tertentu saja. Misalnya saja pada perbatasan lempeng pasifik. Karena sebagian besar wilayah tersebut dikelilingi banyak gunung berapi. Oleh karena itu tempat tersebut dinamakan dengan cincin api.

0 Response to "teks eksplanasi pengertian ciri struktur dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel