wisata menarik di klenteng sam po kong semarang








Sam Po Kong merupakan salah satu destinasi wisata menarik di kota Semarang. Selain sebagain wisata religi sam po kong juga dapat digunakan sebagai wisata edukasi dan budaya, karena tempat ini merupakan akulturasi budaya cina, jawa dan juga islam. Untuk dapat masuk ke tempat ini cukup membayar 8.000 rupiah tiap orang dan tempat ini di buka pukul 08.00 sampai 22.00. Untuk alamat lengkapnya di jalan simongan nomer 129 Bongsari kota Semarang atau bisa dicari lewat map.


Klenteng Sam Po Kong adalah merupakan  sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan mendaratnya pertama seorang Laksamana dari Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Klenteng ini terletak di daerah Simongan dekat perusahaan farmasi PT.Phapros, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda-tanda yang menunjukan bahwa tempat ini sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".






bermain ke Sam Po Kong


'baca juga wisata kota Semarang denok dan kenang'
Sampokong disebut juga sebagai gedung batu ?

Disebut juga Gedung Batu hal ini dikarenakan bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu, orang Indonesia keturunan cina beranggapan bangunan itu adalah sebuah klenteng mengingat bentuknya yang memiliki arsitektur bangunan cina sehingga mirip dengan sebuah klenteng. Saat ini tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang dan juga tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu tersebut diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana cheng ho adalah seorang muslim, namun oleh mereka di anggap sebagai dewa. Hal ini dapat dijadikan maklum mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau beranggapan orang yang sudah meninggal dapat memberi pertolongan kepada mereka.

3 Responses to "wisata menarik di klenteng sam po kong semarang"

  1. Wisata sejarah yang menyenangkan....

    ReplyDelete
  2. Nah,sejarah kenapa dinamakan gedung batu ini yg blm saya dpt infonya..

    Saya rasa bukan hanya lokasi sampokonng saja, melainkana semua sekitar sampokong. Krna daerah situ juga kelurahannya gedung batu

    ReplyDelete
  3. Betul sekali mas heri, mungkin di darah situ masih ada situs sejarah yang belum ditemukan, kebetulan tiap hari selalu lewat sampokong

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel