3 Cara Mendidik Anak Supaya Terbiasa Berterimakasih



Ucapan terimakasih adalah ungkapan untuk menghargai pertolongan, usaha dan pemberian orang lain. Walaupun terkesan sederhana, akan tetapi ucapan terimakasih harus ditanamkan didalam diri anak-anak sejak dini. Berikut adalah beberapa cara mendidik anak agar berterimakasih yang bisa ayah dan bunda coba terapkan.

Ucapan terimakasih menjadi salah satu cermin dari pribadi yang santun dan baik. Ketika anak-anak mudah berterimakasih, maka kebiasaan itu akan terbawa sampai dewasa nanti. Ia tumbuh menjadi pribadi yang mampu menghargai setiap bantuan orang lain. 

Tanpa banyak basa-basi, langsung saja disimak cara mendidik anak agar berterimakasih dibawah.  
Tips Mendidik Anak Supaya Mudah Berterimakasih

1. Jangan hanya memerintah, namun juga contohkan
Sebelum menuntut anak-anak agar selalu berterimakasih kepada orang lain, maka Anda harus memulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Faktanya, menasehati mereka sebanyak 10x masih kalah dengan memberi 2 contoh secara langsung.

Ketika Anda sedang bersama anak-anak dan kebetulan diberi sesuatu oleh orang lain, maka ucapkanlah terimakasih. Begitu pula ketika selesai meminta tolong kepada orang lain, jangan lupa berterimakasih.

Semakin sering anak-anak melihat orang tuanya mengucapkan terimakasih, maka kebiasaan itu semakin tertancap diotaknya. Tanpa disuruh sekalipun, anak-anak sudah mengetahui apa yang harus diucapkan. 

2. Mengingatkan jika anak-anak lupa berterimakasih
Namanya juga anak-anak, mereka pasti lebih banyak lupa terhadap suatu hal. Salah satunya adalah lupa berterimakasih ketika diberi jajan oleh teman atau diberi tumpangan sepulang sekolah. Sebagai orang tua, Anda tidak boleh bosan untuk mengingatkan anak-anak berterimakasih. Bersabarlah, karena semua membutuhkan proses.

Setiap kali Anda melihat anak-anak mengucapkan terimakasih, jangan ragu untuk mencium keningnya dan memberikan pujian. Hal ini akan menambah semangat anak-anak berterimakasih, karena mengganggp hal itu benar dan menyenangkan orang tua mereka. 
  
3. Tidak perlu memaksa
Apapun hal-hal baik yang ingin Anda ajarkan kepada si kecil, maka itu tidak perlu dengan paksaan. Begitu pula dengan ucapan terimakasih, jangan sampai Anda memarahi anak-anak jika mereka tidak mau melakukannya.

Jika Anda sudah konsisten memberikan contoh dan menasehati, maka kebiasaan itu akan muncul dengan sendirinya suatu saat nanti tanpa perlu dipaksa. Cukup sekian dahulu postingan singkat tentang 3 cara mendidik anak agar terimakasih, semoga bermanfaat. 

10 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Supaya Terbiasa Berterimakasih"

  1. saya setuju nich dengan tips diatas, kita memang harus membiasakan anak sedini mungkin belajar berterima kasih, biar nannti mereka gede menjadi anak yang Baik luar dalam,hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betil kang nata kadang sebagai orang tua pengennya anak bisa ini itu tanpa ada contoh nyata dari orang tua itu sendiri

      Delete
  2. Saya seneng banget liat anak-anak yang tidak pernah lupa bilang makasih setiap kali ditawarin...berarti bundanya sukses dengan 3 tips ini...tips yang harus jadi perhatian dan diterapkan ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya anak memang harus di biasakan karena dengan pembiasaan anak akan selalu mengingatnya walaupun kadang anak merasa jengkel dan bilang kita sebagai orang tua terlalu cerewet

      Delete
  3. Jangan hanya memerintah tapi contohkan..itu benar terdengar mudah tapi berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas,berikan bukti bukan janji hehehehe

      Delete
  4. Benar banget, yang paling sering dilupakan orang tua tuh adalah, cuman nyuruh, tapi lupa contohin.
    Kayak anak saya , karena sering saya biasakan berterimakasih, sewaktu ketika saya lupa ngucapin terimakasih, akhirnya saya kena teguran dong :)

    Jadi senang juga semacam ada alarm yang mengingatkan saya saat berbuat salah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang orang tua juga lupa termasuk saya sendiri juga begitu kena tegur sama anak

      Delete
  5. Terima kasih adalah satu dari tiga kata ampuh yang menunjukkan karakter mulia.

    tiga kata tersebut adalah "terima kasih, tolong, dan maaf."

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel