Langkah mudah memulai aquascape

vina191214.blogspot.com

Aquascape merupakan seni berkebun dalam air, dimana kegiatan ini sangat asyik dan menyenangkan seperti melihat alam dalam air. Bagi para peggemar seni ini tentu sangat banyak sekali ide yang dapat dituangkan istilahnya memindahkan daratan ke dalam air atau daratan dalam bawah air, misalnya kita bisa membuat tema hutan belantara, pegunungan, air terjun di daerah pegunungan dan masil banyak tema yang lainnya. Tentu saja ini sesuai dengan keinginan pembuatnya. 
Langsung saja kita bahas apa saja perlengkapan yang dibutuhkan :
1. Lampu
Lampu berfungsi sebagai pengganti matahari, sehingga lampu yang kita gunakan tentunya tidak nyala selama 24 jam karena tanaman yang ada di dalamnya butuh istirahat. Sehingga sebaiknya lampu dinyalakan selama 8-9 jam setiap harinya.

2. Filter
Filter air digunakan supaya terdapat aliran air dan tentunya juga berfungsi untuk menyaring air yang kotor sehingga sirkulasi air dalam aquarium tetap terjaga kebersihannya.

3. Kayu
Kayu yang bisa dipakai harus tidak mudah lapuk, tidak banyak getah dan yang terakhir tidak beracun. Biasanya kayu yang digunakan kayu senggani. Kayu ini biasanya di pegunungan terutama di perkebunan teh yang  justru merupakan hama tapi para penghobi aquascape bisa memanfaatkan hama tersebut menjadi seni yang indah.

4. Batu
Syaratnya tidak mencemari air juga tidak beracun karena benda yang kita gunakan walaupun limbah tapi tetap harus steril dari penyakit ataupun racun. Biasanya batu ini dikreasikan dan dibentuk sekreatif mungkin sesuai tema yang kita inginkan, dan cara penempelannya dengan menggunakan lem super glue dengan bantuan media tisu untuk merekatkan antar batu.

5. Pasir
Pasir sebagai pengganti tanah, ada berbagai macam pasir ada pasir silika, pasir malam dan beberapa kosmetik lainnya yang jelas jangan menggunakan pasir laut karena kadar garamnya tinggi.

6. Pupuk
Pupuk terletak di bagian dasar dari aquarium. Sebagai pupuk dasar tentunya berfungsi supaya tanaman mendapatkan nutrisi. Pembeda pupuk aquascape dengan lainnya tentunya adalah pada aquascape menggunakan pupuk yang lebih khusus. Untuk tanaman yang  tidak berakar  atau hanya nempel tidak perlu diberi pupuk. Cukup diberikan nutrisi dari air.

7. Jenis tanaman
Terdapat berbagai jenis tanaman ada yang berakar dan ada juga yang tidak berakar, cukup menempel misalnya mos atau lumut.


Demikianlah sedikit pengetahuan dasar mengenai aquascape semoga bisa membantu dan bermanfaat khususnya bagi para pemula yang mau membuat aquascape di rumah. Terimakasih

17 Responses to "Langkah mudah memulai aquascape"

  1. wah aku juga dulu mainan ini
    tapi gagal soalnya harus pake CO2 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang agak mahal kalau pakai CO2 tapi bisa diakali dengan membuat CO2 sendiri

      Delete
  2. baru dengar saya ada teknik bertanam seperti ini..
    tapi mesti dengan perawatan yang teliti ya, kalau tidak bisa gagal nanti.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ini teknik terbaru mungkin, bisa aja ini seni bercocok tanam dalam aquarium tapi jangan dibayangkan trus panennya seperti apa...

      Delete
  3. Wah, menarik juga ya seni Aquascape. Sayangnya biaya membuat nya sepertinya agak mahal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake paket ekonomis, gak harus mahal kok...saya coba buat modal 100 ribu sudah jadi bagus

      Delete
  4. Ini pasti keren buat pajangan ruang tamu atau kamar tidur misalnya ...
    Ditambahi lampu kecil di aquaspace, tanamannya tampak cakep, bisa buat rileksasi mata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat relaksasi sekaligus mencari inspirasi mas

      Delete
  5. Replies
    1. Betul bang yang jelas ikannya jangan diisi ikan lele ya...hehehe

      Delete
  6. Sepertinya menarik. Tapi aku tak berminat mencobanya. Aku kan tak suka nanem-nanem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik bisa di coba mbak...kalau ini nanemnya beda jangan di bayangkan kayak nanem padi ya....

      Delete
  7. Sepertinya menarik. Tapi aku tak berminat mencobanya. Aku kan tak suka nanem-nanem

    ReplyDelete
  8. Tapiii...gimana cara membawa aquascape ke rumah pake motor?

    wk wk wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pengalaman pribadi ini...sebenarnya simple beli bahannya dulu trus proses pembuatan bisa diseting dirumah

      Delete
  9. Wah...sepertinya asyik ya...tapi saya sepertinya lebih cocok sebagai penikmat saja....kurang telaten soalnya..😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang menjadi penikmat sangat enak gak perlu repot ya kak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel