Mengenali gejala demam berdarah pada anak

vina191214.blogspot.com


Musim hujan telah tiba, kita sebagai orang tua harus selalu berhati-hati terhadap munculnya berbagai macam penyakit yang ditimbulkan akibat datangnya musim penghujan.

Memang musim hujan sangat kita nantikan setelah mengalami musim kemarau yang cukup lama dengan cuaca yang sangat panas terutama di Indonesia yang memang beriklim tropis yang memiliki dua musim. Setelah penantian yang panjang akhirnya hujan datang juga. Dan hal ini sangat kita rindukan bukan hanya kita sebagai orang tua, anak-anak kita bahkan lebih menyukai dengan datangnya hujan karena mereka bisa bermain air dengan leluasa.

Bukan hanya kita bahkan hewan pun juga senang dengan datangnya hujan karena banyak tumbuhan yang subur sehingga bisa menjadi bahan makanan mereka. Namun di balik itu semua ternyata ada juga binatang yang senang tapi akan merugikan kita yaitu nyamuk.

Memang nyamuk akan berkembang dengan pesat di musim penghujan karena mereka bisa berkembang biak lebih leluasa dengan adanya banyak air sebagai medianya. Adanya banyak air yang menggenang dapat menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Dan dari sekian banyak nyamuk yang berkembang adalah penyebab terjadinya penyakit demam berdarah.

 Pada kesempatan kali ini akan kita bahas bagaimana cara mengenali gejala demam berdarah terutama yang terjadi pada anak-anak kita supaya tidak terjadi hal yang lebih fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.

1. untuk gejala ringan

Gejala demam berdarah yang muncul pada balita dan anak ada yang berlevel ringan bahkan bisa sampai komplikasi. Gejala demam berdarah di level ringan ini dapat berupa demam tanpa diikutin dengan gejala tertentu yang biasanya munculnya sekitar 4 sampai 7 hari setelah digigit nyamuk penyebab demam berdarah atau nyamuk Aedes aegypti. 

2. Gejala lanjutan

Jika pada level ringan belum teratasi maka akan  bisa muncul gejala demam berdarah berikut ini:

Demam tinggi bahkan hingga mencapai 40 derajat celcius
Sakit kepala
Mual serta muntah
Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar
Rasa nyeri di bagian belakang mata
Nyeri pada tulang, otot, serta sendi
Bintik-bintik merah di beberapa bagian tubuh tertentu

Pada kondisi tertentu, gejala demam berdarah di level tinggi ini akan dapat memicu sindrom syok dengue yang dapat mengancam nyawa karena hal ini  rawan terjadi kebocoran pembuluh darah dan juga  penurunan jumlah trombosit. Sindrom ini akan disertai dengan gejala demam berdarah seperti pendarahan di gusi dan hidung, sulit bernapas, lemah, muntah, keringat dingin, serta nyeri parah di bagian perut.

11 Responses to "Mengenali gejala demam berdarah pada anak"

  1. Lagi musim ini,... tingkatkan kewaspadaan kita terutama untuk diri, keluarga, tetangga, dan lingkungan kita.. insyaallah Indonesia bersih sehat makmur sejahteraaaa!!

    ReplyDelete
  2. Semoga keluarga kita tetap diberikan kesehatan ya mas rifan....sehat itu mahal harganya

    ReplyDelete
  3. Memang harus ekstra waspada karena saat ini musim hujan dan DBD bisa menyerang siapa saja termasuk orang tua sekalipun. Karena data yang ada di tempat saya bekerja, usia 60 tahun keatas ada yg kena DBD...

    ReplyDelete
  4. Benar sekali memang tidak hanya anak2 yang tersetang dbd teman saya juga ada kemarin dan ini masih pemulihan yang penting kita harus selalu hati-hati dan waspada

    ReplyDelete
  5. Saya dulu pernah terkena dbd,,,,saya juga masih ingat gejala gejalanya,,,seperti demam yang tinggi tidak seperti biasanya, badan terasa pegal dan persendian rasanya ngilu sekali, keringat dingin yang terus keluar sampai sampai baju basah kuyup lalu muncul bintik bintik merah pada tubuh,,,bila sudah terjadi hal ini harus segera dibawa ke dokter,,,kalau sampai telat ketahanan tubuh akan sangat berkurang,,,,bahkan saya dulu berdiri 5 menit saja langsung ambruk pingsan,,,

    ReplyDelete
  6. Memang saat ini lagi terjadi wabah demam berdarah karena memang musim hujan yang terjadi

    ReplyDelete
  7. selalu kenali dan awasi anak-anak kita dan juga diri kita terhadap gejala demam berdarah

    ReplyDelete
  8. Lagi musim hujan gini kita harus waspada demam berdarah. Sudah ada kejadiaan di desa seberang lingkungan saya, Kak. Semoga kita tetap terlindungi ya.

    ReplyDelete
  9. @Ajeng Veran amin...semoga kita selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa

    ReplyDelete
  10. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit demam berdarah ya, selalu sehat aamiin.
    Ayo kuta lawan nyamuk, saya paling anti banget ama nyamuk sejak kecil, karena gak suka kalau sampai sakit karena nyamuk.

    Bahkan, saya gak bakal tidur kalau saya belum memastikan gak ada satupun nyamuk di dalam kamar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat yang patut di contoh kak Rey, cuma kadang kalau sudah ngantuk ya semangatnya tiba-tiba tenggelam hehehehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel