3 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja dan Terbiasa Mandiri


Manja adalah kebiasaan pada diri anak-anak yang selalu menuntut pelayanan dari orang tua ketika ingin mendapatkan sesuatu. Manja adalah kebiasaan yang mampu memberi dampak buruk kepada perkembangan anak-anak, sehingga mereka tidak akan pernah bisa mandiri. Untuk menghindarinya, Anda bisa membaca beberapa tips mendidik anak agar tidak manja berikut ini.

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan yang diajarkan oleh orang tua di kehidupan sehari-hari membuat anak-anak menjadi manja. Ketika sudah terbiasa manja sejak dini, maka setelah dewasa ia tidak pernah bisa menjadi mandiri.   

Untuk membiasakan anak menjadi mandiri, Anda bisa menyimak beberapa tips mendidik anak agar tidak manja berikut.

Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja dan Mandiri

1.Jangan selalu membantu
Mulai sekarang Anda harus benar-benar memahami kapan anak membutuhkan bantuan dan kapan mereka bisa menyelesaikan aktifitasnya sendiri. Dengan begitu, anak-anak tidak mudah mengandalkan orang lain disetiap kebutuhannya.

Beberapa aktifitas yang sekiranya bisa dilakukan sendiri adalah makan, menata mainan dan memilih baju. Di sisi lain, aktifitas yang membutuhkan bantuan orang tua seperti menyiapkan peralatan sekolah, mengembalikan makan, memotong kertas dan lain-lain.

Jika sudah terbiasa menyelesaikan kebutuhannya sendiri, anak-anak diharapkan menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. 

2.Buat peraturan
Sejak usia dini, kenalkan anak-anak dengan peraturan dan latihlah mereka untuk mematuhi setiap peraturan yang ada. Jika hari ini Anda melarang minum es krim karena si kecil sedang batuk, maka besoknya Anda juga harus tetap konsisten.

Walaupun anak-anak merengek dan menangis minta es krim, Anda jangan plin-plan dan membolehkannya minum es. Kebiasaan mematuhi peraturan akan membentuk pribadi yang disiplin dan tidak manja.

3.Ajarkan anak-anak membeli sesuatu
Walaupun sejak kecil anak-anak sebaiknya dibiasakan menabung dan berhemat, namun tidak kalah penting untuk mengajarkan mereka membeli sesuatu. Ambil uang tabungannya dan ajak mereka membeli barang-barang yang dibutuhkan, bukan semua keinginannya.

Jika kebiasaan ini diterapkan secara konsisten, maka setelah dewasa mereka bisa memilah-milah mana kebutuhan dan keinginan. Ini juga mengajarkan mereka apa itu kemandirian untuk memilih.

Demikianlah ulasan saya tentang tips mendidik anak agar tidak manja, semoga bermanfaat. 

2 Responses to "3 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja dan Terbiasa Mandiri"

  1. Anak-anak harus sudah diajarkan mandiri dari kecil, tidak boleh terlalu dimanja-manja

    ReplyDelete
  2. Mantap ilmunya,..anak memang harus diajarkan mandiri sejak dini, biar nanti bisa cari uang sendiri dan lebih mandiri dari orang tuanya dulu,...ea 😀

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel