3 Cara Mengatasi Anak Rewel Yang Wajib Semua Orang Tua Ketahui





Menangis adalah hal wajar yang biasa dilakukan oleh anak-anak usia 2-3 tahun, ketika mereka sedang menolak atau menginginkan sesuatu. Apabila anak rewel, orang tua pasti merasa kerepotan dan sangat jengkel sehingga tidak jarang sampai terbawa emosi dan memukul si kecil. Agar tidak begitu, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi anak rewel berikut ini.

Anak rewel memang sangat menyusahkan, karena tiba-tiba saja mereka menangis, menjerit dan bahkan tidak jarang mengamuk. Orang tua menjadi terganggu ketika ingin menjalankan aktifitas sehari-hari.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi anak rewel? Temukan sendiri jawabannya dibawah ini.   

Tips Mengatasi Anak Yang Rewel


1.       Jika sedang sakit
Salah satu penyebab anak rewel adalah karena sedang sakit. Di kondisi seperti ini anak-anak pasti lebih banyak menangis dan apapun yang kita berikan pasti tidak cocok. Apa yang seharusnya dilakukan oleh bunda?

Tentu saja menghadapi tingkah anak dengan sabar dan memberikan perhatian lebih. Tidak ada salahnya jika Anda harus memanjakan anak, seperti digendong, menanyakan bagian mana yang terasa sakit, memberi pijatan halus dan mengusap-usap rambutnya.

Jangan memaksa anak untuk makan, karena itu hanya akan membuatnya semakin rewel. Sebaiknya Anda memberi anak buah-buahan ataupun jus agar mereka lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Ketika mereka meminta makanan, coba beri sup hangat atau bubur.  


2.       Ketika ditinggal orang tua
Hal lain yang bisa menyebabkan anak-anak menjadi rewel adalah ditinggal orang tua. Sebelum bepergian, beritahu anak jika Anda akan kembali dengan cepat dan jangan lupa memberikan hadiah agar mereka bisa bersenang-senang selama Anda tinggal.

Misalnya saja mengundang teman terdekatnya agar bermain bersama di rumah, memberi makanan favorit atau menjanjikan oleh-oleh. Jangan lupa mencium anak agar mereka lebih tenang saat ditinggal pergi.

Hindari bepergian dengan cara sembunyi-sembunyi atau berbohong, karena jika anak menyadari kepergian Anda mereka pasti akan menangis dengan keras.


3.       Rewel diajak bertamu ke rumah orang
Namanya juga anak-anak, pasti merasa belum nyaman ketika diajak ke suatu acara atau bertamu ke rumah orang. Tidak hanya kepengen pulang cepat, anak-anak biasanya menjadi rewel dan bahkan mengamuk di tempat.

Untuk mengatasi anak rewel seperti ini, Anda bisa mengalihkan perhatian anak-anak. Cobalah Anda ajak anak berkeliling disekitar rumah dan tunjukkan sesuatu yang menyenangkan. Seperti kolam ikan, taman bermain si pemilik rumah dan sebagainya.

Anda juga bisa mengenalkan si kecil ke anak tuan rumah dan menyuruh mereka agar bermain bersama. Ketika rasa bosan di tempat baru sudah berhasil diatasi, maka anak-anak tidak akan rewel dan tetap tenang.

Baiklah cukup sampai disini dahulu postingan saya tentang 3 cara mengatasi anak rewel, semoga bermanfaat untuk Anda semua. 



3 Responses to "3 Cara Mengatasi Anak Rewel Yang Wajib Semua Orang Tua Ketahui"

  1. Inih-nih yang saya cari-cari dan tunggu-tunggu,..ha-ha,..menghadapi anak rewel itu memang harus punya trik dan cara tersendiri teh ya,..kalau enggak bisa berantakan jadinya 😀

    ReplyDelete
  2. kalau anak saya suka rewel pas saya mau berangkat kerja,,,alhasil harus digendong dulu pagi pagi sambil jalan jalan nyari bubur ayam buat sarapan,,,nah pas dia sibuk sarapan saya berangkat kerja wkwkwk

    ReplyDelete
  3. semoga anak anak saya gak ada yang rewel deh, baik budi sehatselalu.,,, AAmiin,,,,
    biar tips diatas engak perlu saya praktekan wkwkwwk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel