Bentuk-bentuk tulang daun pada tumbuhan


Setiap tumbuhan memiliki bagian-bagian dan juga fungsi tertentu. Salah satu bagian dari tumbuhan adalah daun. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses memasak makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan dari energi cahaya matahari. Daun dapat dibedakan berdasarkan bentuk tulang daunnya yaitu seperti berikut dibawah ini :

1. Tulang daun menjari
Tanaman dengan tulang daun menjari memiliki satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk menyerupai jari tangan manusia. Contoh tanaman dengan bentuk tulang daun menjari adalah daun pepaya, daun singkong, daun jarak, serta daun pada tanaman kapas. 



2. Tulang daun menyirip
Berdasarkan nama yang diberikan, bentuk tulang daun menyirip memiliki kemiripan dengan susunan sirip ikan. Daun tersusun secara rapi mulai dari tangkai sampai ujung helai daun. Contoh tanaman dengan bentuk tulang daun menyirip adalah daun mangga, daun jambu, daun sirsak, daun nangka, daun rambutan, dan masih banyak lagi.




 3. Tulang daun sejajar
Bentuk tulang daun sejajar membentuk garis lurus yang sejajar. Dan pada ujung tulang daun akan bertemu dan menyatu. Daun dengan tulang sejajar terdapat pula pada daun dengan satu tulang daun besar membujur di tengah sedang tulang daun lain yang lebih kecil dan semuanya terlihat searah dan sejajar dengan tulang utama. Contoh tanaman dengan tulang daun sejajar adalah daun jagung, daun bambu, daun tebu, daun kelapa, daun padi, dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah sedikit materi mengenai bentuk-bentuk tulang daun pada tumbuhan semoga bisa membantu dalam belajar khususnya untuk pelajaran IPA di sekolah tingkat dasar.

8 Responses to "Bentuk-bentuk tulang daun pada tumbuhan "

  1. Kalo kaktus dianggap batang aja yah bagian yang menjulurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh apa yang bang enaknya hehehehe bentuknya mirip kayak batang ya

      Delete
  2. Wahhh memang daun itu memiliki banyak jenis ya untuk tulang daunnya, ak dulu belajar waktu SMA sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kalau dulu sya juga pas smp sekarang sd sudah diajari ya....

      Delete
  3. Semua daun bisa dimasak, kecuali daun telinga dan daun jendela.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel