Kegiatan menanam siswa SD Labschool bersama swaliba geounnes

Pagi yang cukup cerah dan hangat. Para siswa SD Labschool Unnes kelas 4 dan 5 berbaris rapi di halaman depan sekolah. Mereka terlihat sangat sumringah dengan kegiatan yang akan dilaksanakan di pagi ini walaupun sebelumnya sudah melaksanakan senam pagi. Hari ini kami kedatangan tamu dari SWALIBA GEOUNNES. Kira-kira apa yang akan dikerjakan oleh kakak dari Unnes ini ya kok bisa membuat anak-anak sangat gembira dan ceria.


Dari informasi yang kami dapat rencananya akan ada kegiatan menanam dan sebelum menanam diadakan acara outbond terlebih dahulu. Dan benar sekali terlebih dahulu sebelum acara dimulai terlebih dahulu anak-anak dibuat kelompok yang terdiri 10 anak untuk tiap kelompok dengan didampingi 2 orang kakak dari swaliba geounnes. Permainan yang disajikan dari kakak geounnes sangat seru sampai tidak terasa sudah pukul 10.00 dan waktunya menuju lokasi penanaman.


Sebelum kegiatan menanam tentu saja segala perlengkapan sudah dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya bibit, pupuk dan juga lobang dilokasi penanaman. Anak-anak sangat antusias dengan bermodalkan sekop dari rumah tapi yang mereka bawa rata-rata malah cetok namun tak menyurutkan semangat untuk menanam. Dengan kerjasama yang dijalin antara anak-anak dan kakak dari geounnes semua perlengkapan dan peralatan siap untuk melakukan kegiatan menanam bersama. Tanaman yang di tanam adalah tanaman buah diantaranya sirsak, mangga dan juga beberapa tanaman buah lainnnya.
Harapan dari anak-anak sangat beragam dengan adanya kegiatan ini dan mereka sangat senang dan berharap semoga tanaman yang mereka tanam bisa tumbuh dan berbuah walaupun mungkin mereka tidak bisa menikmati hasilnya. Sungguh mulia hati dari anak-anak ini kata mereka dengan menanam akan menjadikan sekolah menjadi lebih sejuk dan segar dan tentunya buahnya juga bisa dinikmati bersama.

Kegiatan menanam ini sangat bagus sekali karena dilaksanakan pas awal musim hujan jadi tidak terlalu repot merawat tanamannya. Swaliba sendiri adalah singkatan dari sekolah berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana. Sehingga dengan kegiatan menanam tentunya lingkungan akan terjaga dan terpelihara. Upaya pembentukan swaliba dipandang penting di sekolah karena akan muncul kader muda di masa mendatang yang peduli terhadap lingkungan dan juga bencana.


3 Responses to "Kegiatan menanam siswa SD Labschool bersama swaliba geounnes"

  1. Bagus nih. Menanamkan cinta lingkungan pada anak2 sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang dengan adanya kegiatan ini anak jadi lebih peka terhadap lingkungan

      Delete
    2. Semoga kegiatan begini meluas ke tempat lain yah

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel