Cara mudah menemukan amanat dalam teks fiksi


Selamat pagi adik-adik yang selalu semangat belajar walaupun harus dari rumah. Tak terasa sudah beberapa minggu kita belajar di rumah. Semoga wabah yang melanda negeri kita tercinta segera berlalu, sehingga kita bisa bertemu teman-teman di sekolah. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menemukan amanat dalam teks fiksi. Mari kita belajar bersama.

Amanat merupakan pesan yang terkandung dalam sebuah cerita. Amanat dapat dipahami apabila kita membaca secara keseluruhan teks fiksi. Dalam sebuah teks fiksi ada tokoh yang memiliki peranan penting di dalamnya. Tokoh tersebut tentulah mempunyai watak yang berbeda-beda. Ada yang memiliki watak positif contohnya Penyayang, sabar, rendah hati dan masih banyak lagi. Selain watak positif ada juga yang memiliki watak negatif misalnya pemarah, sombong, dan juga pembohong. Adanya watak tersebut diharapkan dapat memberi pesan pada pembaca. Apabila tokoh dalam cerita memiliki watak positif diharapkan dapat ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya apabila tokoh dalam cerita memiliki watak negatif dapat kita hindari dalam kehidupan sehari-hari.

Dari sedikit penjelasan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa cara mudah menemukan amanat dalam teks fiksi adalah :

1. Membaca cerita dengan seksama
Dengan membaca cerita maka kita akan tahu bagaimana jalan ceritanya, serta apa yang diharapkan oleh pengarang, sehingga kita dapat menemukan pesan atau amanat dari cerita tersebut

2. Memahami karakter atau watak setiap tokoh
Watak tokoh dapat diketahui diantaranya melalui penjelasan pengarang cerita ataupun yang tertera dalam cerita, adanya tokoh lain serta konflik atau permasalahan yang terjadi.


Perhatikan contoh teks berikut untuk menemukan amanat yang ada di dalam cerita

Ketika ayam keluar dari kandang untuk mencari makan di padang rumput, tanpa sepengetahuan ayam datanglah seekor rubah untuk mendekati kandang ayam. Rubah mengambil telur ayam yang ada di kandang dan segera pergi dengan cepat untuk menjauh bahkan sampai ke hutan. Ketika ayam kembali ke kandang, alangkah terkejutnya ayam dengan hilangnya semua telur. Mereka menangis sambil mencari siapa tahu dapat menemukan telur tersebut.

Dari cerita tersebut para pelaku atau tokoh dalam cerita adalah ayam dan rubah. Rubah memiliki sifat negatif alias kurang terpuji karena mencuri telur ayam. Setelah mengetahui watak tokoh dapat diketahui amanat dalam cerita bahwasanya kita tidak boleh mengambil barang milik orang laian tanpa ijin. Sehingga kita tidak boleh meniru watak si rubah.


Demikianlah sedikit penjelasan serta contoh bagaimana menemukan amanat dalam teks fiksi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mudah menemukan amanat dalam teks fiksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel