Fungsi Sumber Daya Alam bagi Kehidupan dan Lingkungan Sekitar


Selamat pagi adik-adik sekalian. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia khususnya untuk muatan pelajaran IPS. Mari kita belajar bersama.



Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berpengaruh terhadap kehidupan. Dalam usaha memenuhi kebutuhan makhluk hidup tentulah bergantung pada lingkungan khususnya sumber daya yang ada. Sumber daya seperti udara, cahaya dan air merupakan lingkungan yang dapat menyediakan kebutuhan makhluk hidup termasuk manusia.Misalnya masyarakat daerah dataran tinggi memanfaatkan hasil perkebunan untuk dijual ke pasar.

Aktivitas manusia tergantung dengan ketersediaan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Menurut lokasinya sumberdaya alam dibagi menjadi sumber daya alam darat dan sumber daya alam laut. Berdasarkan sifatnya sumber daya alam terdiri dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya air, tanah, pohon serta sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui misalnya mineral, minyak bumi, batu.

Fungsi atau Manfaat  Sumber Daya Alam
1. Untuk memenuhi kebutuhan pangan
Salah satu dari manfaat sumber daya alam yang penting adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan baik itu hewan maupun manusia. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan pangan. Misalnya hewan yang biasa di konsumsi seperti ayam, sapi, kerbau, kambing. Tumbuhan yang berperan untuk memenuhi kebutuhan pangan diantaranya padi, jagung, kentang, gandum, ubi. Selain itu sumber daya perairan juga memiliki peran yang tidak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan pangan misalnya ikan, udang, cumi-cumi, kerang.

2. Sumber Energi 
Sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas sangat bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang dapat menghidupkan listrik, kendaraan bermotor, juga kompor.
Selain minyak bumi dan gas, energi matahari dan juga angin pun sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas untuk sumber energi dan bahan bakar alternatif.Jenis olahan minyak bumi diantaranya minyak tanah, solar, pertamax, pertalite, serta bio solar. Jenis produk turunan dari minyak bumi diantaranya aspal, pelumas, dan paraffin.  

3. Penyedia oksigen
Oksigen merupakan bagian penting dalam kehidupan. Oksigen dihasilkan dari proses fotofintesis tumbuhan hijau pada siang hari. Sehingga sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tanaman atau pohon harus selalu kita jaga agar selalu tersedia oksigen yang tercukupi.

4. Sumber Mata Pencaharian
Masyarakat membutuhkan pendapatan dari sumber mata pencaharian yang mereka tekuni, misalnya petani yang menggantungkan hidupnya dari hasil panen di sawah ataupun ladang, dan hasil dari bercocok tanam di jual ke pasar untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Pekerja tambang yang menggantungkan hidupnya dari hasil bekerja di tambang mineral.

5. Menjaga Keseimbangan Alam
Manfaat dari sumber daya alam adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Namun kita juga harus dapat menjaganya sehingga keberadaan sumberdaya alam menjadi lestari. Selain itu pemanfaatan yang berlebihan (eksploitasi) justru akan merusak jika tidak diimbangi dengan kegiatan pembaharuan. Misalnya pembalakan hutan ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan sumber daya alam namun tidak memperhitungkan efek samping yang ditimbulkan. Untuk itu sebaiknya pemanfaatan sumber daya alam harus secara bijak dan memikirkan kelestarian dari sumber daya alam tersebut.

Terimakasih Semoga Bermanfaat 

Latihan soal

1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan !

2. Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dibedakan menjadi 2 sebutkan dan beri contoh !

3. Tuliskan 3 manfaat atau fungsi dari sumber daya alam !

4. Sebutkan 3 jenis turunan dari olahan minyak bumi !

5. Jelaskan mengapa petani membutuhkan sumber daya alam sebagai mata pencaharian ?





     

0 Response to "Fungsi Sumber Daya Alam bagi Kehidupan dan Lingkungan Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel