Sifat-sifat cahaya beserta contoh penerapannya dalam kehidupan



 Selamat pagi anak-anak siswa kelas 4. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang cahaya, apa itu cahaya, dari manakah cahaya berasal serta bagaimana sifat cahaya dan contoh penerapan dari sifat cahaya. Yuk langsung kita simak materi berikut ini.

Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elektromagnet yang kasat mata dengan panjang gelombang 380-750 nm. Selain itu cahaya merupakan paket partikel yang disebut foton( untuk pengertian cahaya ini akan kalian pelajari di tingkat lanjut ya...). Cahaya dihasilkan dari sumber-sumber cahaya, misalkan matahari, senter, lampu, dan juga lilin. Dengan adanya cahaya sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita, kita bisa membedakan warna, serta kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan adanya cahaya.

Sifat-sifat cahaya

1. Merambat lurus

Cahaya akan merambat lurus ketika melewati satu medium. Untuk melihat hal ini kalian bisa melihat cahaya yang melalui celah lubang, pasti terlihat berkas cahaya yang lurus dan tidak bengkok. Selain itu pada saat malam hari kalian bisa coba menyalakan senter di tempat gelap, dan cahaya akan terpancar dengan lurus. Satu lagi contoh cahaya merambat lurus adalah saat kalian bermain laser pointer yang biasanya warnanya merah itu juga terlihat bahwa terlihat garis lurus sebelum laser tersebut mengenai suatu benda. Pemanfaatan sifat cahaya ini diantaranya digunakan pada lampu kendaraan bermotor untuk menerangi jalan saat gelap di malam hari.

2. Menembus benda bening

Benda bening adalah benda yang dapat ditembus oleh cahaya, contohnya adalah kaca, mika, air jernih serta plastik yang bening. Pembuktian cahaya dapat menembus benda bening adalah saat kalian mengarahkan senter ke tembok melalui botol bening. Cahaya senter akan menembus botol dan menyinari tembok tersebut. Contoh pemanfaatan cahaya dapat menembus benda bening adalah sinar matahari masuk ke dalam ruangan melalui kaca bening dan menerangi seisi ruangan, kita dapat melihat isi plastik bening karena cahaya menembus plastik yang merupakan benda bening.

3. Dapat dipantulkan

Pemantulan cahaya yaitu proses kembali terpancarnya cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan cahaya dibagi menjadi dua yaitu pertama pemantulan teratur apabila cahaya mengenai permukaan yang rata dan mengkilap contohnya cermin. Sedangkan yang kedua adalah pemantulan baur(difus) atau tidak teratur apabila mengenai permukaan yang tidak rata.

4. Dapat dibiaskan atau dibelokkan

Pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya saat melewati dua medium dengan kerapatan berbeda. Peristiwa pembiasan cahaya dapt kita lihat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya kolam renang terlihat dangkal, sedotan atau pensil yang terlihat patah saat dimasukkan kedalam gelas yang berisi air, selain itu adalah peristiwa fatamorgana yang biasanya dijumpai di padang pasir atau tanah lapang yang luas saat siang hari dengan cuaca yang panas.

5. Dapat diuraikan

Penguraian cahaya disebut juga dengan dispersi cahaya. Saat diuraikan cahaya menghasilkan berbagai macam warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Contoh penguraian cahaya yang dapat kita lihat adalah pelangi. Pelangi terjadi karena cahaya matahari yang semula berwarna putih mengenai titik-titik air yang ada di udara kemudian dibiaskan dan diuraikan menjadi warna pelangi..  


Demikianlah sedikit penjelasan tentang sifat cahaya serta contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih mendalami materi yang sudah dipelajari silahkan kerjakan latihan soal dibawah ini.



Latihan Soal

1. Apa yang kamu ketahui tentang cahaya ?

2. Tuliskan sifat-sifat cahaya (5) sesuai dengan penjelasan di atas !

3. dimanakah dan kapan biasanya dijumpai fatamorgana ?

4. Bagaimana proses terjadinya pelangi ?

5. Sebutkan 3 manfaat cahaya bagi manusia !



0 Response to "Sifat-sifat cahaya beserta contoh penerapannya dalam kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel