Menjelaskan isi fabel "Bebek yang Hidup Rukun" materi tematik kelas 2


Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak khususnya siswa kelas 2. Semoga hari ini kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang fabel. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Fabel adalah cerita khayalan yang dikarang oleh penulis dengan tokoh hewan yang memiliki sifat seperti manusia. Dibawah ini ada satu contoh fabel silahkan di baca dan untuk memahami isinya bisa dikerjakan soal yang ada dibawahnya.


 Bebek yang  Hidup Rukun

Bebek tidak pernah terpisah satu dengan lain. Mereka pergi bersama sepanjang hari  dengan mengikuti satu pemimpin. Mereka terkenal sebagai makhluk yang sangat rukun. Meskipun   bebek   sangat  berisik, tidak sekalipun mereka pernah bertengkar. Cerpelai(sejenis musang) adalah hewan pemangsa, melihat begitu kompaknya kaum bebek. Awalnya ia kagum, tetapi kemudian muncul niat jahat dalam hatinya.

"Aku akan mengadu domba mereka. Pasti ada bebek yang bisa dijadikan sebagai sumber masalah," gumam Cerpelai seraya menyeringai jahat.

Mulai hari itu, Cerpelai gencar mendatangi bebek yang  agak  terpisah dengan kawanannya. Dia  mulai   menghasut   bebek   itu untuk membenci kawanannya.

"Lihat  pemimpinmu itu,  dia  hanya membodohi kalian agar mau mengikutinya. Pergilah dari kawanan atau kau akan menjadi budak pemimpinmu selamanya," ujar Cerpelai yang pandai menghasut.

Namun rupanya sia-sia. Bebek itu tidak mau mendengar perkataan Cerpelai. Kemudian Cerpelai mencari bebek lain dan mengatakan hal yang sama. Akan tetapi lagi-lagi perkataan Cerpelai tidak dihiraukan. Begitu terus, hingga tak terasa sudah semua bebek ia datangi. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil ia hasut. Cerpelai sudah sangat kelelahan   karena   sudah   berjalan   ke sana-kemari dan terlalu banyak bicara.

"Hahaha... Cerpelai...  Cerpelai.... Kau tidak akan bisa membuat kaum bebek  saling  bertengkar,  karena  kami saling mempercayai satu sama lain," ucap salah satu bebek yang dihasut oleh Cerpelai.

Cerpelai sangat malu. Dia tidak menyangka para bebek begitu kompak. Dia pun pergi dari permukiman bebek dan tidak pernah kembali lagi ke sana karena malu.

Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa kaum bebek adalah kawanan yang paling rukun sedunia.




Jawablah pertanyaan berikut berkaitan dengan dongeng “Bebek yang Hidup Rukun”!

1.   Siapakah tokoh dalam cerita “Bebek yang Hidup Rukun”?



……………………………………………………….


2.   Cerpelai   menghasut   Bebek   agar meninggalkan …



……………………………………………………….

3.   Bebek tidak mau bertengkar karena mereka …



……………………………………………………….

4.   Cerpelai tidak menyangka jika Bebek begitu …



……………………………………………………….

5.   Cerpelai   tidak   pernah   pergi   ke permukiman bebek karena …



……………………………………………………….


Selamat Belajar


0 Response to "Menjelaskan isi fabel "Bebek yang Hidup Rukun" materi tematik kelas 2 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel