Materi kelas 4 seni budaya kurikulum merdeka "tekstur"

  


Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak kelas 4. Bagaimana kabar hari ini ? semoga kita semua dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari materi kelas 4 muatan pelajaran seni budaya tentang lingkungan sebagai objek seni khususnya tentang tekstur. Mari kita pelajari bersama.

1. Pengertian dan jenis tekstur

Setiap benda pastilah memiliki permukaan yang berbeda-beda saat di raba. Ada benda yang permukaannya halus, ada pula benda yang permukaannya kasar. Permukaan suatu benda yang dapat diketahui dengan cara dilihat dan diraba disebut tekstur. Tekstur dibedakan menjadi 2 yaitu tekstur nyata dan tekstur maya. Tekstur nyata adalah tekstur sebenarnya contohnya tumpukan batu. Sedangkan tekstur maya adalah tekstur yang bukan sebenarnya contohnya ubin bermotif batu.  

contoh tekstur maya(ubin bermotif batu)

contoh tekstur nyata(tumpukan batu)






2. Bahan Alami untuk Membuat Tekstur

Tekstur pada suatu benda dapat dihasilkan dengan berbagai cara dan juga bahan. Bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan tekstur diantara batu alam, semen, pasir, bubuk bata merah, serbuk gergaji, dan tanah. Sebelum ditempel pada permukaan benda bahan tersebut direkatkan dengan lem atau campuran semen dan air. Bahan tersebut ditempel pada bidang tertentu sesuai kebutuhan.


3. Teknik membuat tekstur

Terdapat berbagai teknik dalam membuat tekstur.  Setiap teknik akan menghasilkan tekstur yang berbeda. Berikut macam-macam teknik membuat tekstur.

a. Teknik frottage

Teknik ini dilakukan dengan cara meletakkan kertas di atas permukaan benda yang memiliki tekstur, misalnya uang logam dan daun yang bertulang daun kuat. Selanjutnya kertas ditekan dan diarsir menggunakan pensil atau krayon.


b. Teknik grattage

Teknik ini dilakukan dengan cara mengoleskan cat minyak warna gelap pada papan hingga kering, lalu ditambah cat warna terang diatasnya. Kemudian gores papan yang sudah diberi warna menggunakan benda runcing seperti paku atau garpu.


c. Teknik Tempel

Teknik ini dilakukan dengan cara menempelkan kertas dengan lem pada permukaan benda yang bertekstur kasar.


d. Teknik ebru/swirling

Alat dan bahan yang dibutuhkan pada teknik ini adalah ember atau nampan, air, kertas, dan cat minyak berbagai warna. Langkah pertama siapkan nampan yang berisi air. Kemudian tambah beberapa warna cat minyak dan aduk perlahan agar warna tidak tercampur dan terbentuk tekstur semu. Siapkan kertas putih dan celup ke dalam nampan kemudian angkat. warna cat minyak akan menempel pada kertas dan membentuk tekstur semu.

contoh hasil tekstur semu


Demikianlah sedikit materi tentang tekstur pada materi kelas 4 seni budaya, semoga bermanfaat.








0 Response to "Materi kelas 4 seni budaya kurikulum merdeka "tekstur""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel