Ngaji kitab Taqrib/Fathul Qorib (14) PERSYARATAN SAHNYA SHALAT


📚 Ngaji kitab Taqrib/Fathul Qorib (14)

PERSYARATAN SAHNYA SHALAT

‏( ﻓﺼﻞ ‏) ﻭﺷﺮﺍﺋﻂ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﺧﻤﺴﺔ ﺃﺷﻴﺎﺀ ﻃﻬﺎﺭﺓ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﺍﻟﻨﺠﺲ ﻭﺳﺘﺮ ﺍﻟﻌﻮﺭﺓ ﺑﻠﺒﺎﺱ ﻃﺎﻫﺮ ﻭﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﻣﻜﺎﻥ ﻃﺎﻫﺮ ﻭﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺪﺧﻮﻝ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻭﺍﺳﺘﻘﺒﺎﻝ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻓﻲ ﺣﺎﻟﺘﻴﻦ ﻓﻲ ﺷﺪﺓ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﻓﻠﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻔﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺮﺍﺣﻠﺔ.

Artinya: Syaratnya shalat sebelum melaksanakan shalat ada 5 (lima) yaitu sucinya anggota badan dari hadas dan najis, menutup aurat dengan kain yang suci, berdiri pada tempat yang suci, tahu kapan masuknya waktu shalat, dan menghadap kiblat.

Boleh tidak menghadap kiblat dalam dua keadaan yaitu ketika sangat takut dan shalat sunnah di atas kendaraan dalam perjalanan.

RUKUN DAN SUNNAHNYA SHALAT

‏( ﻓﺼﻞ ‏) ﻭﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺛﻤﺎﻧﻴﺔ ﻋﺸﺮﺓ ﺭﻛﻨﺎ ﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﻣﻊ ﺍﻟﻘﺪﺭﺓ ﻭﺗﻜﺒﻴﺮﺓ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ ﻭﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻭﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺁﻳﺔ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻭﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺮﻓﻊ ﻭﺍﻻﻋﺘﺪﺍﻝ ﻭﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺴﺠﺪﺗﻴﻦ ﻭﺍﻟﻄﻤﺄﻧﻴﻨﺔ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺍﻷﺧﻴﺮ ﻭﺍﻟﺘﺸﻬﺪ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻭﻧﻴﺔ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺗﺮﺗﻴﺐ ﺍﻷﺭﻛﺎﻥ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎﻩ.

ﻭﺳﻨﻨﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﺷﻴﺌﺎﻥ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﻭﺍﻹﻗﺎﻣﺔ ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻓﻴﻬﺎ ﺷﻴﺌﺎﻥ ﺍﻟﺘﺸﻬﺪ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﺍﻟﻘﻨﻮﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﻭﻓﻲ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺼﻒ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺷﻬﺮ ﺭﻣﻀﺎﻥ.

Artinya: Rukun-rukun (fardhu) shalat ada 18 (delapan belas). Berdiri bagi yang mampu berdiri, takbirotul ihram, membaca al-fatihah dengan basmalah-nya, ruku’, tumakninah dalam ruku’, bangun dari ruku’, i’tidal (berdiri setelah ruku’), tuma’ninah saat i’tidal, sujud, dan tuma’ninah saat sujud, duduk di antara dua sujud dan tuma’ninah, duduk terakhir, dan tasyahud (tahiyat) saat duuk terakhir, membaca shalawat pada Nabi saat tahiyat akhir, salam pertama, niat keluar dari shalat, tertib sesusai urutan rukun di atas.

Sunnahnya shalat sebelum melaksanakan shalat ada dua yaitu adzan dan iqamah. Sunnahnya shalat saat melaksanakan shalat ada dua yaitu tahiyat (tasyahud) pertama dan membaca qunut saat shalat subuh dan shalat witir pada pertengahan kedua bulan Ramadhan (mulai tanggal 16 Ramadhan).

Tambahan: Rukun shalat artinya perbuatan yang harus dilaksanakan saat shalat. Apabila tidak dilakukan, maka shalatnya tidak sah.

📚 Ikuti terus ngaji kitab Taqrib/Fathul Qorib.

0 Response to "Ngaji kitab Taqrib/Fathul Qorib (14) PERSYARATAN SAHNYA SHALAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel