Tips melatih anak belajar puasa



Tak terasa ramadhan sudah ada di depan mata. Bulan yang sangat dinantikan oleh kaum muslimin untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala karena memang bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan dari Allah.

Sebagai orang tua, khususnya yang baru memiliki anak yang waktunya untuk belajar berpuasa, terkadang kita tidak tega kalau melihat anak yang masih kecil untuk ikut berpuasa. Padahal sebenarnya dengan rasa tidak tega ini justru akan membuat anak tidak bisa berlatih dan mungkin saja anak malah senang untuk ikut berpuasa seperti orang tuanya.

Disini akan kita bahas tips bagaimana cara melatih anak untuk belajar berpuasa, sehingga kita sebagai orang tua tidak merasa cemas melihat anak yang biasanya makan dan ngemil jajan kok tiba- tiba harus di atur waktu makannya. Langsung saja kita bahas tipsnya di bawah ini.

1. Jelaskan mengenai makna puasa
Dengan menjelaskan kepada anak mengenai makna atau mengapa kita harus berpuasa maka anak akan lebih merasakan bahwa oh ini to kenapa kita diwajibkan berpuasa. Tentunya penjelasan yang kita berikan kepada anak harus sesuai dengan daya tangkap atau pemahaman mereka. Tidak perlu kita jelaskan secara panjang lebar tapi cukup dengan sedikit tapi bermakna bagi mereka. Misalnya dengan bercerita bahwa ayah dan ibu juga sejak kecil berpuasa. Puasa itu tidak makan dan tidak minum dari sahur sampai buka. Dan bisa menceritakan tentang pengalaman yang menyenangkan saat berpuasa.

2. Menawarkan kepada anak untuk belajar puasa
Sebagai orang tua tentunya kita tidak boleh memaksakan anak untuk berpuasa. Alangkah baiknya kita menawarkan kepada anak misalnya adik belajar puasa ya. Besok belajar puasanya boleh setengah hari kita coba dulu nanti setelah setengah hari lanjut puasa lagi ya. Atau bisa juga kita menawarkan bahwa puasa itu merupakan tantangan yang seru dan menyenangkan.

3. Menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan
Kondisi atau suasana yang menyenangkan akan membuat anak merasa lebih nyaman. Demikian pula untuk berpuasa, dengan menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan maka anak akan merasa nyaman dan dengan sendirinya akan rindu dengan kondisi yang demikian. Misalnya dengan memulai sahur yang semangat tidak terburu-buru dan penuh dengan keceriaan maka anak juga akan merasakan betapa nikmatnya berpuasa itu.
4. Persiapkanlah makanan yang tepat buat anak
Makanan yang tepat akan menciptakan semangat untuk melaksanakan ibadah puasa terutama pada saat sahur dan berbuka. Sama halnya dengan anak-anak, kita bisa menyiapkan makanan favorit anak dan tentu saja minuman kesukaannya sehingga pada saat sahur akan lebih bersemangat.

Demikianlah sedikit tips untuk melatih anak belajar berpuasa. Semoga ibadah puasa kita diberi kemudahan dan kelancaran amin.

9 Responses to "Tips melatih anak belajar puasa"

  1. Wah, ini kesempatan bagus nih teh,..soalnya sebentar lagikan bulan puasa, kalau enggak salah besok ya teh,..he-he,..dengan begitu anak bisa langsung praktek puasa,..ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kak, memang sejak kecil harus kita latih untuk berpuasa

      Delete
  2. Tipsnya bagus mbak, sepertinya bisa dipraktekan ini, untuk besok yang udah punya anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih masukannya semoga bermanfaat untuk kita semuanya

      Delete
  3. Makasih Kak tipsnya. Meskipun saya belum punya anak tapi saya belajar juga untuk menjelaskan ke keponakan saya. Saya biasanya menceritakan waktu saya masih kecil belajar puasa sama ngajak mereka memilih menu buka puasa dan saya masakkan karena kebetulan mereka kalau puasa berlibur ke rumah saya.

    Terima kasih dan salam Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembelajaran puasa memang tidak hanya buat yang punya anak saja tetapi bisa juga buat yang belum berumah tangga paling tidak buat pengalaman dahulu

      Delete
  4. Semangaaattt, mamak-mamak kudu memperluas kesabaran, karena tantangan baru di mulai.
    Yaituuuu membangunkan anak untuk sahur hahaha

    Bismillah semoga saya bisa lebih sabar menjalaninya, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali kak, bulan puasa banyak sekali godaannya terutama buat mamak untuk menghadapi dan melatih anak belajar puasa bismillah aja ya kak

      Delete
  5. makasih tipsnya bagus sis,.
    http://bit.ly/2HYrlkO

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel