Tips semangat bekerja saat berpuasa



Bulan puasa merupakan bulan yang sangat dinantikan khususnya bagi umat islam. Hal ini dikarenakan bulan puasa merupakan bulan yang banyak sekali amalan yang dapat dikerjakan dan pahala yang diberikan juga berlipat ganda. Bahkan tidurnya orang yang sedang berpuasa juga mendapatkan pahala apalagi yang sedang bekerja ataupun melaksanakan ibadah lainnya.

Berbicara masalah kerja, terkadang di bulan puasa kita sedikit merasakan agak males bahkan merasa capek saat bekerja. Kondisi yang demikian memang sedikit wajar atau harap bisa dimaklumi karena adanya perubahan atau pergeseran pola makan kita. Yang biasanya sarapan pagi pukul 07.00 kemudian ada makan siang sekarang diubah menjadi sahur dan meniadakan makan siang. Kondisi yang demikian yang membuat badan kita sedikit kaget dengan perubahan pola makan dan berakibat semangat bekerja juga sedikit menurun.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas bagaimana cara agar kita tetap berpuasa namun pekerjaan kita juga bisa terselesaiakn tepat waktu tanpa halangan suatu apapun.

1. Jangan meremehkan waktu sahur
Sahur adalah hal yang paling membosankan untuk kita lakukan. Karena disaat lagi asyiknya untuk tidur dan malas rasanya untuk melakukan aktifitas tapi kita diharuskan bangun. Kegiatan inilah yang sering membuat mood kerja kita berkurang. Padahal kita tidak diperbolehkan untuk meremehkan sahur karena selain merupakan sunah saat kita berpuasa sahur juga banyak manfaatnya. Salah satu manfaat sahur adalah menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan tentu saja bisa menjalankan aktifitas dengan baik. Karena asupan gizi bisa tercukupi saat kita sahur. Dan tentunya sehabis sahur usahakan jangan tidur tapi lakukan aktifitas kecil entah itu melakukan tugas rumah atau mungkin olah raga agar badan tetap bugar.

2. Cukupi kebutuhan cairan saat berpuasa
Selama berpuasa tentu saja ada banyak sekali cairan yang hilang dalam tubuh kita. Dan tentunya hal ini tidak baik bagi tubuh selain tubuh terasa lemas tentunya juga dapat mengganggu kesehatan kita. Kebutuhan air minum atau cairan sebenarnya dapat kita siasati ketika sahur dan juga berbuka puasa. Dalam sehari kita dianjurkan untuk minum 8 gelas. Hal ini dapat kita lakukan yakni dengan cara 2 gelas disaat sahur 2 gelas saat berbuka 2 gelas saat makan dan terakhir 2 gelas sebelum kita tidur. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan maka akan menambah semangat saat bekerja.

3. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik
Waktu istirahat siang merupakan salah satu yang dinanti saat berpuasa. Karen kita bisa sedikit meregangkan saraf yang kita gunakan aktifitas sajak pagi. Selain itu kita juga bisa merasakan segarnya air wudhu ketika melaksanakan sholat dhuhur. Dan usahakan jangan terlalu sibuk dengan gadget karena mengurangi waktu istirahat kita. Alangkah baiknya kalau kita merebahkan badan atau kalau memungkinkan bisa tidur sejenak. Karena ini akan mengembalikan mood kita untuk kembali beraktifitas.

4. Hindari kegiatan yang dianggap kurang perlu.
Terkadang tanpa kita sadari banyak hal yang kurang penting kita lakukan disaat puasa. Misalnya dengan menghitung waktu berbuka atau sering melihat jam, kok masih jam segini ya. Padahal kegiatan ini akan mengurangi semangat kita dalam bekerja karen merasa betapa lamanya waktu berpuasa. Sebaliknya dengan melakukan kesibukan alias menyibukkan diri dengan pekerjaan yang kita hadapi malah justru akan membuat waktu terasa lebih singkat.

Demikianlah sedikit tips agar tetap semangat saat bekerja walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa. Semoga puasa kita mendapatkan berkah dari Allah amin.

19 Responses to "Tips semangat bekerja saat berpuasa"

  1. sangat bagus ni info untuk para pemula bahkan yang sudah sering berpuasa yang mana puasa itu haruslah menjaga pola makan, pola tidur hingga aktivitas agar kerja tetap semangat walaupun sedang berpuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang kalau kita sudah berpuasa dijadikan alasan untuk sedikit bermalas-malasan dan itu tidak benar

      Delete
  2. Iya Kak, puasa bikin lemes dan bahkan ada juga yang jaid sakit. Padahal kalau kita berusahaa maksimal untuk persiapan puasa, mulai dari sahur, makan, minum, dan istirahat cukup pasti semangat.

    Terima kasih sharing-nya ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada persiapan semangat dan niat pasti puasa akan berjalan lancar dan tanpa beban

      Delete
  3. Pas puasa, laparnya minta ampun, pas giliran buka, makannya biasa aja, hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya biasanya persiapan sebelum buka banyak sekali giliran makan cuma sedikit sudah kenyang...

      Delete
  4. Alhamdulillah kalau puasa saya tidak pernah merasa lapar, cuma nahan ngantuknya itu yang berat, kekeke. Makanya rutin sekarang istirahat siang tidur2an di masjid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, tidurnya orang puasa juga ibadah sambil sejenak melepas lelah supaya segar kembali

      Delete
  5. berpuasa bukan alasan untuk males-malesan kerja ya kak, jadi harus tetap semangat karena kerja juga ibadah kalau kita niati dengan iklas ;)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih tipsnya, saya susah makan saat sahur, tapi harus semagat terus.

    ReplyDelete
  7. Yeayy, semoga kita semagat selalu kerjanya walaupun lagi puasa yaa ^^

    ReplyDelete
  8. makan yang banyak ya teh,..he-he, takut lemes kalu makannya enggak cukup,..he-he,...dengan makan banyak pasti badan jadi kuat dan semangat,..ea

    ReplyDelete
  9. saya terus terang masih kesulitan ini kak dalam mengatur waktu, soalnya kalau malam begadang buat ngeblog, siang nya aktivitas dunia nyata, bawaannya ngantuk aja kak, jadi kurang semangat getu :D

    ReplyDelete
  10. Setuju, jangan remehkan sahur.. krna ada berkah di dalamnya.
    Kalau waktut tidurnya pas, plus bangun dengan hati riang gembira bakal semangat deeh.. :)

    ReplyDelete
  11. Selamat menjalankan ibadah puasa kak vina

    ReplyDelete
  12. semalam saya hampir tewas untuk berpuasa kerana flu dan juga missed sahur... aduhh syukur kerja dapat juga disiapkan....

    ReplyDelete
  13. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Aaamiin, Bismillah

    ReplyDelete
  14. Terimakasih tipsnya,sahur itu memang harus untuk menjaga kesehatan saat berpuasa.
    http://bit.ly/2YDQi9n

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel