CARA MEMBUAT LINK/TAUTAN DI BLOGSPOT


CARA MEMBUAT LINK/TAUTAN ANTAR HALAMAN DI BLOGSPOT

Setiap blog biasanya memiliki tautan yang disebut link. Link ini berfungsi untuk mengaitkan antara halaman yang satu dengan yang lain, yang intinya adalah kemana tautan/link ini akan diarahkan yang biasanya ditautkan dengan halaman yang berkaitan.

Berdasarkan arahnya tautan/link dibedakan menjadi dua jenis yaitu link internal yaitu link yang ditujukan pada halaman atau artikel  yang lain tetapi masih dalam satu blog. Sedangkan yang kedua adalah link eksternal yaitu link yang menghubungkan antara satu halaman artikel dengan halaman artikel lainnya yang belainan blog.

Demikian pengertian tentang link, selanjutnya akan kita bahas cara membuat link.

Cara membuat link blogspot dengan tombol link

Pada halaman utama entry blog, ada beberapa tombol seperti yang terlihat pada gambar diatas diantaranya ada untuk menyesuakan ukuran huruf, untuk menebalkan huruf, untuk memberi warna huruf dan masih banyak lagi. Dan salah satu tombol yang akan kita bahas adalah tombol link yang diberi tanda lingkaran merah yang dapat digunakan untuk memudahkan membuat link blogspot. Langkah pertama adalah copy alamat yang akan ditautkan dengan artikel yang ada pada halaman entri yang kita buat, kemudiantekan tombol link yang diberi lingkaran merah seperti contoh pada halaman entri. Maka akan muncul instruksi seperti gambar di bawah ini :



Silahkan masukkan teks bisa kata ataupun kalimat yang akan ditautkan atau dibuat link dengan artikel ini ke dalam kolom text to display(nomor 1). Kemudian setelah itu pada web address di isi alamat artikel yang sudah di copy ke kolom tersebut sehingga saat di klik kata atau kalimat pada artikel yang sedang di buka maka secara otomatis akan menuju alamat yang sudah di copy URLnya. Dan untuk memastikan link yang sudah dibuat benar atau tidak bisa di coba dengan klik tes this link pada teks yang ada pada perintah teks this link,

Apabila link sudah benar maka secara otomatis akan menuju artikel yang dikehendaki oleh link tersebut. Disamping itu dibawahnya juga terdapat perintah open this link in a new window, apabila menghendaki link yang dibuka pada jendela baru  atau tab baru maka kotak disebelah tulisan tersebut bisa diberikan tanda centang. Kemudian kolom atribute bisa di beri tanda centang juga apabila link yang diinginkan ada pada blog lain, tapi jika artikel masih dalam satu blog maka tidak usah diberikan tanda centang. Setelah semua selesai kemudian pilih ok, maka link yang diharapkan sudah berhasil anda buat.

Selamat mencoba marilah selalu kita belajar bersama dan saling berbagi pengalaman serta pengetahuan demi kemajuan bersama karena tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu yang bermanfaat. 

0 Response to "CARA MEMBUAT LINK/TAUTAN DI BLOGSPOT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel