PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA

PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia“Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut.

SD Labschool Unnes Semarang  ikut berpartisipasi dalam Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2017. Upacara bendera digelar di halaman sekolah pada hari Kamis, 1 Juni 2017. Bertindak selaku pembina upacara beliau Bapak Muhammad Mukhlas, S.Pd. selaku kepala sekolah. Upacara diikuti oleh siswa-siswi kelas 1-5, bapak/ibu guru, beserta karyawan. Upacara berjalan lancar dan khidmat.
Dalam amanatnya, pembina upacara menyampaikan amanat tentang implementasi pancasila. Berikut ini salah satu kutipannya, “Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh yang mana dalam setiap sila dalam pancasila merupakan keselarasan yang tidak dapat dipisahkan, mulai dari sila ke lima yakni keadilan sosial, untuk membentuk masyarakat yang adil harus dijiwai dari sila keempat yaitu adanya kepemimpinan yang bijaksana serta harus dilandasi musyawarah mufakat ”
Berikut foto-foto rangkaian upacara dalam memperingati hari kelahiran pancasila SD Labschool Unnes Semarang.














2 Responses to "PERINGATAN HARI KELAHIRAN PANCASILA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel