tips cerdas agar si kecil tak mudah sakit di musim penghujan



Musim hujan sudah mulai tiba, bahkan sekarang tiap hari sudah hujan, sebagai orang tua tentunya hal ini sangatlah menghawatirkan apabila memiliki anak yang suka bermain air, terlebih daya kekebalan tubuh anak yang masih belum sempurna. Tetapi sebagai orang tua melihat anak ceria adalah suatu kebahagiaqan tersendiri. Kali ini akan kita berikan tips bagaimana cara menjaga kondisi anak agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

1. Pakaian Hangat

Sebaiknya anak selalu atau paling tidak diusahakan untuk menggunakan baju hangat apabila beraktivitas di luar rumah, entah itu pakai baju yang agak tebal pakai jaket atau sarung tangan maupun kaos kaki. Namun juga jangan terlalu berlebihan karena anak biasanya kurang begitu mau karena geraknya menjadi lebih terbatas, paling tidak kita beri pengertian agak tidak mudah terserang penyakit. 

2. Pola hidup sehat

Cuaca yang sangat dingin kemungkina tidak langsung membuat anak menjadi sakit flu ataaupun pilek, akan tetapi biasanya virus akan datang dengan kondisi cuaca yang lembab seperti saat ini yang hujan datang tanpa permisi langsung mulai siang sampai malam terus mengguyur. Untuk itu alangkah baiknya kalau kita menerapkan hidup sehat tidak hanya kepada anak tetapi juga seluruh anggota keluarga, dengan cara mengkonsumsi makana yang mengandung gizi seimbang kemudian istirahat dengan cukup, selalu menjaga kebersihan misal mencuci tangan sebelum makan membuang tisu saat habis bersin atau batuk ke tempat sampah dan tidak lupa juga untuk berolahraga ringan supaya badan tetap sehat dan segar.

3. Kurangi aktivitas di luar

Saat musim hujan seperti ini tentunya anak selalu ingin bermain hujan-hujanan di luar. Kita tidak bisa melarang hal yang demikian tetapi harus kita awasi dan batasi sampai seberapa lama anak di perbolehkan untuk bermain di luar, hal ini dimaksudkan supaya anak tidak terkena hipotermia, sebaiknya anak juga memakai payung atau jas hujan dan menggunakan alas kaki dan dianjurkan pakai sepatu bot, untuk melindungi dari hujan ataupun cipratan air.

4. Kosongkan atau tutup rapat tempat air

Adanya tempat air memungkinkan air hujan akan masuk kesana dengan adanya genangan air maka akan menjadi sarang nyamuk dan akan beresiko sebenarnya tidak hanya buat anak tetapi juga orang dewasa karena menyebabkan timbulnya nyamuk demam berdarah. Selain itu sebaiknya juga mengkonsumsi makanan dan juga minumak yang higienis karena kalau tidak bisa mudah terserang kolera. Untuk itu sebaiknya untuk anak-anak kita jangan lupa selalu berikan vaksin sesuai yang di anjurkan oleh dokter, dan mungkin bisa minta saran dokter untuk vaksin yang sesuai untuk anak sesuai usianya.


Demikian sedikit tips yang dapat saya berikan semoga anak kita seslalu sehat dan ceria sehingga kita sebagai orang tua juga merasa bahagia


0 Response to "tips cerdas agar si kecil tak mudah sakit di musim penghujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel