3 Cara Mendidik Anak Agar Bahagia Yang Mudah dan Sederhana




Ketika diberi amanah oleh ALLAH SWT, semua orang tua pasti memiliki satu tujuan yang sama yaitu ingin membahagiakan anak-anak mereka. Namun sayang, dengan memberi segala kemudahan dan kemewahan kepada anak justru membentuk pribadi yang manja dan tidak mandiri. Kalau begitu, bagaimana cara mendidik anak agar bahagia tanpa khawatir membuat mereka manja?

Beberapa metode dibawah ini akan membantu Anda mendidik anak agar tidak mudah stress dan selalu menjalani hari dengan penuh kebahagiaan. Pada akhirnya, ini membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 


Tips Mendidik Anak-Anak Agar Selalu Bahagia

1. Bermain bersama di luar ruangan
Ini dia salah satu hal yang sekarang sulit didapatkan oleh anak-anak kecil zaman now, dimana mereka kurang menyatu dengan alam dan lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah. Padahal, menurut informasi yang dikutip dari verywellfamily.com menyebutkan apabila aroma dari alam mampu membantu meningkatkan suasana hati anak-anak dan membuatnya lebih bahagia. Seperti sejuknya udara disekitar pepohonan, melihat hijaunya rumput, semilir angin dan lain sebagainya.

Tidak harus pergi ke mall atau ke kolam renang, Anda bisa membahagiakan anak dengan berjalan-jalan di alam. Seperti bermain di taman yang ada jungkat jungkit, ayunan dan lain-lain.
Tidak punya waktu karena sibuk? Cukup mengajak mereka berjalan-jalan disekitar rumah setiap pagi. 


2. Jangan biarkan bermain gadget secara berlebihan
Siapa bilang anak-anak bahagia saat bermain game di gadget? Belum tentu, karena kebanyakan anak-anak bermain gadget karena mereka bosan dan tidak ada pilihan selain itu. Agar hari-hari mereka lebih bahagia, mulai sekarang batasi waktu bermain gadget dan lebih memilih mengajaknya bermain bersama teman-temannya. Baik bermain di rumah dengan robot-robotan atau di luar rumah. 

Saat bermain bersama teman sebaya, anak-anak pasti merasa jauh lebih senang dibandingkan bermain gadget. Selain itu, membatasi bermain gadget juga menghindarkan mereka dari kecanduan gagdet yang berdampak negatif untuk perkembangannya. 


3. Tidak menuruti semua keinginan anak
Ketika sejak kecil anak-anak biasa dimanjakan oleh orang tua, maka dewasa nanti mereka membutuhkan materi dan barang-barang mewah agar bisa merasa bahagia. Padahal, kebahagiaan bisa datang dari hal-hal sederhana asalkan kita pandai bersyukur. Itulah  arti kebahagiaan yang sebenarnya. 

Supaya anak-anak bisa selalu bersyukur disetiap keadaan, sejak dini Anda tidak boleh memanjakan mereka. Kita boleh memanjakan tapi harus mengerti keadaan apakah anak saat itu boleh di manja atau saat itu anak hanya ingin sekedar memenuhi keinginan sesaat saja.


Itu tadi adalah 3 cara mendidik anak agar bahagia yang mudah dan sederhana, namun terbukti ampuh. Semoga bermanfaat. 

6 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Agar Bahagia Yang Mudah dan Sederhana"

  1. Wah saya jangankan punya anak hiks isteri aja blum punya hehe
    Perlu juga memahami cara mendidik dan memperlakukan aanakdr sekarang biar nanti aku tidak salah dalam mendidik anak
    Makasih share pengalaman nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak buat belajar dulu ya mas supaya tidak kaget nanti pas sudah berkeluarga

      Delete
  2. bener sih, kalo bisa jauhin anak-anak dari gadget sebelum terlambat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, karena sekali kenal langsung jatuh cinta hehehe, pqling tidak dikurangi pelan-pelan

      Delete
  3. iya anak kecil sekarang demen banget main hp, terutama main game ya, jadi sebaiknya orang tua perlu mengawasi dan mengontrol ya kak agar tidak berlebihan, secukupnya aja main gadget kali ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya secara tidak sadar orang tua juga berperan dalam hal memberi contoh misalnya tanpa sepengetahuan anak kita sibuk sendiri dengan hp kita dan anak jadi pingin tahu

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel