3 Cara Membujuk Anak Tidur Siang Yang Cukup Ampuh dan Efektif



Tidur siang adalah aktifitas penting bagi si kecil, guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Namun apa yang terjadi, banyak anak kecil yang justru membenci tidur siang karena lebih memilih untuk bermain bersama teman-temannya. Kira-kira, bagaimana sih cara membujuk anak tidur siang? 

Berbeda dengan saat masih bayi, anak balita membutuhkan waktu tidur yang lebih pendek. Pada umumnya, anak-anak membutuhkan sekitar 10-13 jam tidur per hari tergantung umurnya. Dari sinilah pentingnya tidur siang bagi anak-anak.

Kalau begitu langsung saja disimak cara membujuk anak tidur siang berikut ini. 

Tips Membujuk Anak Supaya Mau Tidur Siang

1. Membuat jadwal tidur siang
Langkah pertama yang dirasakan cukup efektif agar anak-anak terbiasa tidur siang adalah membuatkan jadwal. Usahakan Anda membuat jadwal tidur siang anak di jam yang sama, supaya mereka mudah mengingat kapan harus tidur siang. 
Jika jadwal tidur siang sudah dibuat dan anak-anak mematuhinya, maka seiring berjalannya waktu ini akan menjadi suatu kebiasaan. Walaupun sedang hari libur, Anda harus tetap membujuk si kecil untuk tidur siang. 

2. Ajak tidur siang sesudah makan
Masih berkaitan dengan poin pertama, sebaiknya orang tua pandai-pandai memilih waktu tidur siang yang tepat untuk anak-anak. Sebaiknya Anda mengajak anak tidur siang sesudah makan siang. Pasalnya, perut yang terasa kenyang biasanya mudah mengantuk.  
Jika anak-anak tetap nekat tidak mau tidur, Anda bisa mengajaknya untuk berbaring di tempat tidur. Intinya adalah mengajak anak-anak beristirahat sebentar setelah lelah pulang dari sekolah. Jika memungkinkan, Anda bisa memutarkan musik atau membaca dongeng.
Dengan suasana seperti ini, anak-anak biasanya akan tidur sendiri tanpa harus diminta. 

3. Beri sesuatu yang menarik
Setiap anak-anak pasti memiliki mainan kesukaan mereka di rumah, entah itu robot ataupun boneka. Nah, Anda bisa memanfaatkan itu untuk membujuk anak supaya mau tidur siang.
Anda juga bisa membelikan boneka khusus yang hanya bisa dimainkan jika anak mau tidur siang saja. Pasti cara ini lebih berhasil dan efektif.

Baiklah cukup sekian dahulu, semoga saja 3 cara membujuk anak tidur siang diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

2 Responses to "3 Cara Membujuk Anak Tidur Siang Yang Cukup Ampuh dan Efektif"

  1. hawa nya pengen main mulu ya kak si kecil kalau nggak disuruh tidur siang, jadi dibutuhkan rayuan maut mungkin ya biar bobok ciang dan nggak main terus :) bbisa untuk istirahat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu pembiasaan kalau anak itu, ya harus sedikit cerewet juga,kalau gak seperti itu anak akan susah untuk diajak tidur siang

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel