Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Hafidz Al-Quran Yang Efektif dan Sederhana





Hafidz Qur’an adalah sebutan bagi setiap orang yang hafal Al-Qur’an. Banyak sekali keutamaan yang akan didapat oleh penghafal Al-Quran, salah satunya adalah memuliakan kedua orang tua di akhirat kelak. Berikut akan saya jelaskan sedikit cara mendidik anak agar menjadi hafidz Quran, sebagai panduan melatih si buah hati sejak dini agar cinta Al-Quran.

Niatkan anak-anak hafal Al-Qur’an karena ikhlas Allah SWT, bukan berharap mendapat pujian dari orang lain. Dengan begitu, Anda dan anak-anak akan mendapat berkah dan balasan yang besar di akhirat nanti.

Langsung saja kita simak cara mendidik anak agar menjadi hafidz Quran berikut ini.

Tips Menghafal Al Quran Untuk Anak-Anak


1.       Mendengarkan dan membaca Al-Quran sejak mengandung bayi

Bagi orang tua yang bercita-cita mempunyai anak seorang hafidz, sebaiknya rajin mendengarkan dan membaca Al-Quran sejak bayi didalam kandungan.
Selama didalam kandungan, bayi mempunyai kemampuan untuk memahami lingkungan luar melalui suara. Otak bayi berkembang melalui apa yang didengarnya.
Dari sini kita bisa menyimpulkan, apabila dengan rajin membaca dan mendengarkan Al-Quran bisa membantu bayi mengingat setiap ayat Al-Qur’an. Setelah beranjak balita, bayi akan memorinya selama berada di kandungan. 


2.       Mulailah dengan segala sesuatu yang halal

Ketika Anda ingin mempunyai anak sholeh, maka Anda harus memastikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh anak-anak bersumber dari yang halal. Apalagi Anda ingin mendidik anak agar hafal Al-Quran, memastikan semua berasal dari yang halal menjadi syarat mutlak.
Dengan memberikan asupan halal, anak-anak lebih lancar dalam proses menghafal Al-Quran.


3.       Menjadi teladan yang baik
Orang tua adalah teladan bagi anak-anak mereka. Jika Anda ingin mempunyai seorang anak hafidz Al-Quran, sebaiknya Anda juga rajin rajin membaca Al-Quran setiap hari.
Dengan mencontohkan yang baik-baik, anak akan mengikuti kebiasaan orang tua dan tidak malas ketika disuruh menghafal Al-Quran.


4.       Mendengarkan Al Quran disetiap kesempatan
Cara menghafal Al-Quran untuk balita sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan sering mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Quran kepada anak. Selagi masih kecil dan belum banyak hal yang dimasukkan kedalam memorinya, ini merupakan kesempatan terbaik untuk memperbanyak mendengarkan Al-Quran.
Dengan terbiasa mendengar Al-Quran sejak kecil, setelah dewasa nanti memori anak-anak Anda tentang Al-Quran pasti lebih kuat dan mempermudah proses menghafal.

Demikianlah 4 cara mendidik anak agar menjadi hafidz Qur’an, semoga bermanfaat untuk Anda semua.




0 Response to "Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Hafidz Al-Quran Yang Efektif dan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel