3 Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga





Anak adalah generasi penerus bagi sebuah keluarga yang kepribadiannya ditentukan oleh didikan orang tua sejak kecil. Apabila Anda menginginkan anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan, maka sudah seharusnya Anda mengetahui cara mendidik anak yang baik dalam keluarga.
Penting sekali membiasakan anak-anak berperilaku baik, karena hanya dengan begitu mereka bisa tumbuh menjadi pribadi berguna untuk orang lain, berbakti dan membanggakan orang tua.
Tanpa banyak basa basi lagi, kalau begitu langsung saja disimak ulasan selengkapnya tentang cara mendidik anak yang baik dalam keluarga dibawah ini.

Tips Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga


1.       Melatih tanggung jawab
Usia anak-anak adalah waktu terbaik untuk menanamkan sifat yang baik didalam diri seseorang. Jika sejak kecil mereka sudah dilatih dengan perilaku-perilaku positif, maka bisa dipastikan itu menjadi kebiasaan setelah dewasa nanti.
Hal pertama yang harus Anda latih kepada anak-anak adalah rasa tanggung jawab. Ketika rasa tanggung jawab sudah biasa dilaksanakan oleh buah hati Anda, maka dewasa nanti ia tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab kepada semua tugas dan pekerjaannya.
Pada akhirnya, anak-anak mudah dipercaya oleh orang lain dan bisa dengan mudah menjalin relasi bisnis atau melamar pekerjaan.

2.       Menumbuhkan rasa ingin tahu
Setelah membiasakan anak bertanggung jawab, selanjutnya Anda harus melatih anak-anak agar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kebiasaan ini akan mendorong anak-anak menjadi pribadi yang berpengetahuan luas, karena sudah terbiasa merasa penasaran dengan hal-hal baru.
Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu didalam jiwa anak-anak, Anda bisa memberikan mereka pertanyaan-pertanyaan menarik setiap harinya. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya mengundang rasa penasaran mereka.

3.       Jangan terlalu memanjakan anak
Cara mendidik anak yang baik dalam keluarga berikutnya adalah tidak memanjakan anak. Jangan mau menuruti semua keinginan anak, karena hal ini bisa memberikan dampak buruk kepada diri anak setelah dewasa nanti.
Anak-anak yang sudah biasa dituruti semua keinginannya, maka ia tumbuh menjadi pribadi yang selalu bergantung kepada orang lain dan tidak mau menghadapi rintangan. Mereka hanya tahu terima beres, tanpa mau melewati prosesnya.
Misalkan anak-anak meminta mainan lebih dari satu dan terus merengek ingin membeli semua. Anda tidak perlu marah, namun berikan pengertian secara halus jika membeli semua mainan tidak ada gunanya dan itu adalah sifat boros.
Tanamkan pada diri anak agar membeli barang yang dibutuhkan saja, namun tidak membeli apapun yang menjadi keinginannya.


Itu tadi adalah 3 cara mendidik anak yang baik dalam keluarga, semoga bermanfaat untuk ayah dan bunda semua.


8 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Yang Baik Dalam Keluarga"

  1. izin follow ya kak, agar mudah bersilaturrohim sesama blogger ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih saling berkunjung untuk menambah silaturahim

      Delete
  2. Artikelnya sangat bermanfaat. Semoga dengan begitu generasi muda kita tumbuh sebagai generasi yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, harapan kita demikian semoga menjadi generasi yang lebih baik dari kita semua

      Delete
  3. Replies
    1. Terimakasih bang, semoga bermanfaat untuk kita semua

      Delete
  4. Semoga belum terlambat untuk berusaha mendidik anak dengan tepat.

    ReplyDelete
  5. tentu saja belum karena kesempatan pastilah selalu ada untuk mendidik anak kita tergantung kitanya mau apa tidak untuk mengalahkan ego masing-masing

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel