Soal latihan kelas 4 tema 8 pkn


Assalamualaikum wr.wb.
Selamat pagi adik-adik yang selalu ceria dan tetap bersemangat, kali ini kakak akan memberikan soal latihan penilaian kenaikan kelas tingkat sekolah dasar kelas 4 tema 8 daerah tempat tinggalku khususnya pelajaran PPKn kompetensi dasar 3.3 menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah referensi untuk belajar, langsung saja ya kita simak soalnya dibawah ini.

I. Berilah yanda silang (X) pada huruf a,b,c atau d pada jawaban yang paling tepat!

1. Keragaman karakter individu bukan hanya keragaman fisik, tapi juga bisa berupa kegemaran. Contoh Wati gemar bersepeda, sedangkan Ani gemar berlari. Kadang -kadang saat Ani kelelahan Wati memboncengkan Ani. Manfaat dengan adanya perbedaan kegemaran adalah ....
A. Hidup rukun saling membantu
B. Mementingkan kepentingan pribadi
C. Mengasah kepandaian diri sendiri
D. Menekuni kegemaran masing-masing

2. Keluarga besar Beni berasal dari Medan, Sumatra Utara. Tetapi ayah dan Ibu Beni merantau dan menetap di Jakarta. Beni sekolah di salah satu SD di Jakarta. Sikap Beni yang paling tepat terhadap temannya adalah ....
a. selalu bicara dengan gaya bahasa Medan
b. berteman dengan teman yang berasal dari Medan
c. baik dan sopan terhadap semua teman
d. membantu teman jika diperlukan

3. Di sekolah, setiap siswa harus bisa menghormati perbedaan keberagaman karakteristik diantaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. hal ini karena perbedaan merupakan ...
a. sudah ada saat lahir
b. sumber konflik suatu masalah
c. sarana saling mengenal
d. putusnya suatu tali persahabatan

4. Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda. Ada seorang anak yang pemalu, pendiam, pemberani, senang berkomunikasi dan masih banyak lagi sifat yang lain. Sikap kamu terhadap teman yang pemalu dan juga pendiam adalah ....
a. cuek saja
b. mendekati dan mengajak anak tersebut bermain
c. mencela karena tidak sama dengan yang lain
d. apatis atau masa bodoh

5. Manusia sebagai makhluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain. Tidak akan ada seorangpun yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Contoh yang tepat dalam karakteristik pekerjaan dibawah ini adalah ...
a. petani dengan mesin traktor yang digunakan
b. dokter yang sedang dibantu perawatnya
c. guru yang menggunakan laptopnya
d. nelayan dengan jaringnya

6. Keanekaragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan malah sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah ....
a. mencintai suku budaya dari bangsa sendiri
b. mempermasalahkan adanya perbedaan
c. mementingkan kepentingan dari kelompok
d. memegang teguh semboyan Bhineka Tunggal Ika

7. Keberagaman budaya membuat kita semakin bangga terhadap tanah air Indonesia. Contoh rasa bangga terhadap adanya keragaman budaya bangsa adalah ...
a. Beni berprofesi menjadi seorang nelayan
b. Lani suka belajar kelompok dengan temannya
c. Siti menggunakan baju adat daerah saat karnaval
d. Udin menonton pementasan kethoprak

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang paling tepat!

8. Salah satu tempat wisata religius di kota Semarang yang menunjukkan keberagaman karakteristik tempat ibadah dalam bentuk menjaga sikap toleransi beragama adalah ....

9. Kota Semarang memiliki banyak sekali keunikan. Salah satu diantaranya adalah bidang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Tahukah kamu salah satu nama Universitas yang sangat terkenal di kota Semarang ?

III. Jawablah pertanyaan dibawah ini!

10. Adanya keberagaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu di dalam masyarakat. Sebutkan 3 manfaat adanya keberagaman dalam kegiatan ekonomi tersebut ?




11 Responses to "Soal latihan kelas 4 tema 8 pkn"

  1. Hai Kak... boleh nggak sih sekalian sama jawabannya? Soalnya, lumayan nih, aku sekarang lagi ngelesi siswa SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, kakak ini bisa aja, terimakasih nanti sekalian dibuatkan jawabannya ya ditunggu dulu hehehe

      Delete
  2. Tricky juga soal-soalnya, biar anak-anak Indonesia berpikir kritis dari dini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, terkadang anak-anak kurang begitu memahami lihat jawaban agak bener langsung jawab aja

      Delete
  3. contoh soalnya disesuaikan dgn kehidupan nyata jadi siswa lebih memahami, bagus sekali mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas aris, sekarang memang harus aplikatif

      Delete
  4. Soalnya terlalu panjang kalimatnya ya, wah saya sendiri jadi telmi. Telat mikir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, gak usah dipikir mas, langsung jawab aja ini masih yingkat sekolah dasar kok, terimakasih sudah mampir

      Delete
  5. kalau saya jawab dan semuanya betul, apakah mbak akan berikan saya hadiah? 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kak anis ini bisa aja, ya nanti saya kasih hadiah ucapan terimakasih dan nilai 100 ya hehehe

      Delete
  6. Menanti soal kelas 3 SD mba, hihihi.
    Anak saya kelas 3 SD dan saya masih PR banget mau ngasih dia soal latihan tiap hari.
    Dulu sih masih rajin, waktu adiknya belum ada, sekarang sulit cari waktu buat bikinin dia soal kayak dulu hiks

    Mau nyari di toko buku belum sempat juga :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel