3 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Benar dan Efektif



Memiliki anak laki-laki adalah kebanggaan tersendiri bagi orang tua, karena mereka memiliki seorang jagoan kecil. Rasa senang seringkali membuat banyak orang lupa, apabila cara mendidik anak laki-laki itu berbeda dengan anak perempuan. Ini penting untuk dipahami, supaya anak laki-laki Anda bisa tumbuh dan berkepribadian baik.

Dibandingkan anak perempuan, anak laki-laki biasanya lebih keras kepala dan sulit sekali diarahkan oleh orang tua. Alih-alih mengambil tindakan tegas, sebaiknya Anda harus memahami dahulu perkembangan usia.

Sebab, cara mendidik anak laki-laki usia 1,2 atau 3 tahun tidak sama dengan yang sudah remaja. Berikut adalah tips mendidik jagoan ayah dan bunda sejak dini.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Dibawah Usia 4 Tahun Yang Benar


1.       Bermain bersama
Mendidik anak laki-laki tidak harus dengan mendisiplinkan mereka dengan aturan ini dan itu, namun bisa dengan cara yang lebih asyik yaitu mengajaknya bermain.

Sebagai orang tua, sudah kewajiban Anda untuk mengajak anak laki-laki bermain yang memang pantas dimainkan oleh seorang pria. Seperti bermain robot, sepak bola, puzzle spiderman dan lain-lain.

Jangan biarkan anak laki-laki Anda terbiasa bermain perempuan, karena ini bisa mempengaruhi karakternya di masa depan. Semisal masak-masakan, bermain berbie dan lain sebagainya.


2.       Mengajarkan tanggung jawab
Cara mendidik anak laki-laki selanjutnya adalah dengan mengajari mereka apa itu tanggung jawab. Anda bisa mencontohkan dengan hal-hal sederhana seperti menjemput anak pulang sekolah, menemani belajar dan menyediakan sarapan.

Beritahu kepada anak-anak Anda inilah kewajiban seorang ibu dan siapapun yang memiliki kewajiban maka harus memenuhinya. Dengan begitu, anak-anak Anda secara pelan-pelan akan mengetahui tanggung jawab.


3.       Memberikan dukungan
Agar anak laki-laki Anda menjadi pribadi optimis dan percaya diri, maka tunjukkan terus menerus dukungan Anda terhadap segala sesuatu yang diinginkan dan dicita-citakan.

Jika dari kecil anak-anak terbiasa mendapatkan dukungan dari orang tua, maka dimasa depan mereka sudah terlatih untuk tidak mudah menyerah, percaya diri dan optimis dengan apa yang dicita-citakan.


Demikianlah postingan saya tentang 3 cara mendidik anak laki-laki yang benar, semoga bermanfaat.

8 Responses to "3 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Benar dan Efektif"

  1. Ya sejak kecil anak perlu diajak diskusi dan diberi motivasi agar kepercayaan dirinya kuat sehingga jika kelak dia sudah dewasa akan menjadi pribadi yg kuat dan tidak mudah putus asa

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas apalagi seorang anak laki-laki yang nantinya harus menjadi pemimpin dalam keluarga perlu adanya perhatian yang lebih walaupun tidak mendiskreditkan anak perempuan juga

      Delete
  2. Wah....tipsnya berguna dan bermanfaat loh Mbak, ohy..kalau cara mendidik anak perempuan Muslimah ada ngak yah....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. teriakasih kang nata untuk cara mendidik anak perempuan muslimah ditunggu ya hehehe...idenya belum muncul

      Delete
  3. Membaca kalimat 'biasanya anak laki-lqki lebih keras kepala dan sulit diarahkan' ..., kok .., jadi keingetan masa kecilku dulu, hahaha ..

    Nakalnya pakai bangets.
    Disuruh tidur siang, eh# malah kabur loncat jendela.
    Diminta mengerjakan PR, eh# malah asik menggambar ..wwkk.


    Makanya aku akan diasramakan waktu itu 😅


    ReplyDelete
  4. Gak papa kecilnya nakal malah bisa jadi pengalaman yang penting setelah dewasa sudah insyaf hehehe kalau anak laki gak nakal gak keren kata temen2 yang laki-laki saat kecil waktu itu

    ReplyDelete
  5. wah bagus ini kak tips nya, memang anak laki-laki ini perlu dididik yang baik ya agar jadi pribadi yang punya sopan santun, tanggung jawab, dan mandiri karena kalau sudah besar dia akan jadi orang yang baik dan bisa menjadi kepala keluarga yang baik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu tujuan utama, anak laki-laki merupakan calon pemimpin masa depan setidaknya sebagai kepala keluarga harus bisa menjadi suri tauladan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel