MATERI IPS KELAS 5 SD KURIKULUM 2013 KEGIATAN EKONOMI


Adik-adik ketemu lagi di blog devina, kali ini kita akan membahas materi IPS kelas 5 SD kurikulum 2013 tentang kegiatan ekonomi. Langsung saja kita simak semoga bermanfaat.



Kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi ini terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi.

KEGIATAN PRODUKSI, DISTRIBUSI, DAN KONSUMSI

Dalam melakukan kegiatan ekonomi dilakukan melalui tiga tahap yaitu proses produksi, kemudian dilanjutkan dengan pendistribusian dan berakhir pada kegiatan konsumsi. Sehingga terjadilah kegiatan ekonomi secara menyeluruh.

1.Kegiatan Produksi
Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah atau menciptakan nilai guna suatu barang. Sedangkan orang atau pelaku kegiatan produksi disebut dengan produsen. Produsen tidak hanya pemilik perusahaan namun pelaku usaha rumah tangga juga bisa disebut produsen, karena mereka juga menghasilkan barang ataupun jasa. Kegiatan produksi dari pengertian tersebut memiliki dua arti yaitu.

a.Menghasilkan barang atau jasa yang sebelumnya belum ada. Misalnya petani sedang memanen padi yang ada di sawah, pengusaha mebel yang mengubah kayu menjadi meja kursi dan juga  membuat almari, pabrik tenun sedang menenun kain. Hal ini menunjukkan bahwa sebelumnya barang tersebut belum ada dan baru saja dihasilkan.

b.Meningkatkan nilai dari suatu barang ataupun jasa dengan menambah nilai atau kegunaan dari barang atau jasa tersebut. Misalnya seorang petani yang sedang menggiling padi untuk dijadikan beras. Kemudian pabrik yang mengolah kain untuk diubah menjadi pakaian. 

Faktor produksi yang diperlukan agar kegiatan produksi berjalan dengan lancar adalah :
1. Sumber daya alam
2. Sumber daya manusia
3. Modal
4. Kewirausahaan

2.Kegiatan distribusi
Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang ataupun jasa dari pihak produsen untuk disalurkan kepada konsumen. Pihak yang menyalurkan barang disebut dengan distributor. Contoh dari distributor adalah grosir dan juga pengecer. Grosir biasanya menyalurkan barang dalam jumlah yang besar, sedangkan pengecer biasanya jumlahnya lebih sedikit.

3.Kegiatan konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau memakai barang maupun jasa yang dihasilkan oleh produsen. Sedangkan pihak atau orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen. Contoh dari kegiatan konsumsi adalah pada saat kita menggunakan pakaian yang kita beli dari took, hal ini merupakan contoh kegiatan konsumsi sedangkan pihak penjualnya atau toko yang menjual disebut distributor dan perusahaan atau pabrik yang membuat pakaian disebut produsennya.


Cukup sekian pembahasan materi tentang kegiatan ekonomi semoga bermanfaat. Terima kasih

4 Responses to "MATERI IPS KELAS 5 SD KURIKULUM 2013 KEGIATAN EKONOMI"

  1. wah sangat lengkap ini kak materinya, sangat membantu bagi guru2 sd untuk mempersiapkan materi ajar untuk murid2 ya, apalagi sudah akan memsuki tahun ajaran baru ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian persiapan jadi jangan hanya liburan untuk senang-senang aja ya hehehe

      Delete
  2. Sangat membantu buat belajar, terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kak semoga bisa membantu untuk belajar

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel