4 Tips Agar Anak Mau Makan Tanpa Harus Memaksa



Anak susah makan adalah persoalan yang banyak dihadapi oleh orang tua dan membuat mereka merasa sangat khawatir. Karena jika tidak makan secara teratur, hal ini berpotensi membuat anak jatuh sakit. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan oleh bunda? Silahkan mencoba beberapa tips anak agar mau makan berikut ini.

Setiap orang membutuhkan asupan makanan yang cukup, begitu pula anak-anak. Makanan akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika susah makan, maka hal itu bisa mempengaruhi perkembangannya.

Kalau begitu langsung saja disimak beberapa tips anak agar mau makan dibawah ini.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1.Tidak memaksa anak makan
Ketika anak-anak menolak untuk makan, alanglah baiknya bunda tidak memaksa mereka untuk memakannya. Perlu diketahui, apabila memaksa tidak akan membuat mereka menjadi mudah makan, justru semakin menolak untuk menyantapnya.

Jika Anda terus memaksa anak-anak, ini akan meninggalkan kesan buruk makanan dibenak anak. Pada akhirnya, anak-anak tetap susah makan.

2.Sajikan menu makanan yang kreatif
Salah satu karakteristik anak-anak adalah cepat bosan, begitu pula dengan menu makanan yang bunda hidangkan. Bisa jadi, penyebab anak susah makan adalah terlalu bosan dengan menunya.

Untuk mengatasi hal ini, bunda harus lebih kreatif lagi dalam membuat masakan. Misalkan hari ini memasak sayur sop, besoknya ikan, kemudian daging ayam dan seterusnya. Usahakan minimal dua hari sekali ganti menu.

Oh iya, supaya anak-anak lebih tertarik Anda bisa membuat tampilan yang unik. Semisal memotong wortel berbentuk bintang. 

3.Jangan terlalu banyak memberi minum
Memberi anak-anak minum air putih dan jus buah segar memang bagus untuk kesehatannya, namun jangan sampai berlebihan. Pasalnya, jika terlalu banyak minum akan membuat mereka merasa kenyang.
Jika sudah seperti itu, bisa dipastikan anak-anak susah makan. Hindari pula menyediakan air putih selama makan, karena anak-anak biasanya lebih suka minum daripada makan. 
4.Hidangkan dalam porsi kecil
Tips anak agar mau makan selanjutnya adalah menghidangkan dalam porsi kecil. Melihat satu mangkuk yang dipenuhi nasi, sayur dan lauk pauk seringkali membuat anak menjadi malas untuk menyantapnya.
Oleh sebba itu, cobalah bunda menghidangkan makanan dalam porsi yang lebih kecil. Misal menghidangkan sayur saja atau lauk pauk saja dalam porsi kecil.
Melihat makanan yang tidak terlalu banyak, membuat anak-anak lebih bersemangat untuk memakannya.
Itu tadi adalah 4 tips anak agar mau makan, selamat mencoba dan semoga berhasil. Melihat anak-anak makan dengan lahap pasti membuat orang tua merasa sangat senang.

18 Responses to "4 Tips Agar Anak Mau Makan Tanpa Harus Memaksa "

  1. tips yang bagus mbak, apalagi untuk "jangan telalu banyak memberi minum" kadang anak kalau disuruh makan ada yang minta minum terus, alhasil malah kembun kenyang air, gk lapar lagi,.

    ReplyDelete
  2. Cara No.02 kayaknya bakal ampuh yah Mbak, dng makanan yang bervariasi dan kreatif akan membuat anak jadi kepancing buat makan.:) kalau ngak kepancing biasanya emaknyalah yang bakal ngabisinnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum makan anaknya disuruh angket barbel dulu teh,..kalau udah letih baru makan,..biar berotot badannya,..wkwkckk,..ia enggak kang 😂😂

      Delete
    2. nih berdua di mana2 komen balas2an. bener2 soulmate nih

      Delete
  3. selain cara diatas menurut ibu saya anak biar lancar makannya coba dikasih jamu kunyit asem,,,dan terbukti,,,tiap mau makan gak pernah rewel,,,,malahan dia yang selalu minta,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,..ternyata jamu kunyit juga bisa menambah selera makan mas ya,..keren 😀

      Delete
  4. yang terpenting beri makan anak sesuai selera, apa yang anak suka ya di kasih, jangan memaksa anak untuk makan yang tidak di sukai... belajar dari pengalaman aja sih, saya waktu kecil juga gitu, gedenya malah gak doyan makan :D

    ReplyDelete
  5. Terkadang harus tau sifat anak dulu ya
    Namun klo anak jd susah makan jadi berabe juga

    ReplyDelete
  6. Ketiga tips dari kak Devina perlu kuterapkan buat ponakanku cowok nih ..., dia itu paling susah (rewel) makannya dibanding 2 ponakanku yang lain.

    Mau makannya hanya makanan sesuai kesukaannya.
    Ya jadinya itu-itu saja menunya, seputaran ayam goreng.
    Ngga variatif.

    ReplyDelete
  7. suka duka sebagai orang tua, utamanya seorang ibu kalau anaknya susah makan. Terimakasih tips nya, akan saya share ke istri :D

    ReplyDelete
  8. Belum nikah mbak, tapi gpp jadi ilmu pra nikah hihi

    ReplyDelete
  9. menurut saya cara yang terbilang paling ampuh itu adalah denagn membuat makanan yang emnarik ya teh,..misalnya telur ayam di buat menjadi mata badut dll,..kan jadi asik liatnya,..he-he

    ReplyDelete
  10. ilmu parenting nih hehe. berguna nanti :D

    ReplyDelete
  11. biarkan juga anak makan sambil bermain, jadi ia tidak berfokus pada porsi makanan yang mesti dimakan namun terdistraksi dengan kegiatan bermainnya. dunia anak adalah dunia bermain!

    ReplyDelete
  12. Waaahh kalau saya malah saya minta anak banyak minum mba, makanya dia cepat kenyang kali ya :D
    Anak-anak saya kebanyakan malas makan, picky eater dan si bayi sukanya GTM.

    Kayaknya emang saya kudu belajar masak beragam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beri suplemen ronie collmen trh biar berotot anaknya,..wkwkckk 😁😂😂

      Delete
  13. Dan setiap anak pny keunikan sendiri sehingga ortu harus kreatif untuk mencari trik agar anak gak malas makan

    ReplyDelete
  14. Porsi kecil itu sesuai banget mbak dengan intervensi kesehatan untuk masalah susah makan, namun di sana bunyinya "makan sedikit tapi sering" nahh jadi pas banget yaa. 😆

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel