Cara Mendidik Anak Agar Tidak Malas Mengaji Yang Paling Ampuh



Mengaji adalah kebiasaan yang sejak dini sudah ditanamkan didalam diri anak-anak, setelah belajar sholat. Dengan membiasakan anak-anak mengaji, hal ini bisa memudahkan mereka yang bercita-cita menjadi hafidz Al-Quran. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar tidak malas mengaji? Temukan jawabannya dibawah.

Selain memudahkan proses menghafal Al-Quran, belajar mengaji sejak dini juga membantu mereka agar bisa fasih bacaannya setelah dewasa nanti. Anak-anak juga tidak akan malas membaca Al-Quran, walaupun tidak disuruh oleh orang tua.

Langsung saja disimak cara mendidik anak agar rajin mengaji berikut ini.  
Tips Mengatasi Anak Agar Tidak Malas Mengaji

1.Orang tua harus menjadi teladan
Memberikan contoh secara langsung kepada anak-anak, pasti lebih efektif dibandingkan hanya memberi nasehat. Ketika orang tua mencontohkan rajin mengaji, maka anak-anak secara bertahap akan meniru kebiasaan tersebut. 

Lebih hebatnya lagi, anak-anak yang biasanya merasa malas bisa menjadi rajin, ketika melihat orang tuanya rutin mengaji setiap hari. Bahkan tanpa harus dipaksa dan dimarahi terlebih dahulu.
Oleh karena itu, sebelum berharap anak-anak rajin mengaji, perbaiki terlebih dahulu kebiasaan Anda. Jika sudah memberi contoh yang baik, lanjutkan ke cara mendidik anak agar rajin mengaji selanjutnya. 

2.Berikan rewards
Siapapun orang di dunia ini suka dengan yang namanya rewards atau hadiah, begitu pula dengan anak-anak. Oleh karena itu, Anda bisa memancing mereka agar rajin mengaji dengan menjanjikan beberapa hadiah.

Semisal mengajak mereka jalan-jalan di akhir pekan, membelikan mainan atau makanan favorit. Rewards tersebut diberikan ketika selama satu minggu full anak-anak mau mengaji secara konsisten.
Dengan langkah ini, anak-anak merasa lebih dihargai dan pastinya lebih bersemangat mengaji. 

3.Memilih waktu mengaji yang tepat
Pemilihan waktu ini sangat menentukan semangat anak-anak dalam mengaji, sehingga orang tua harus memperhatikannya sebaik mungkin. Hindari memilih waktu dimana anak-anak harus bermain dan istirahat.

Justru Anda harus memberikan mereka waktu untuk bermain dan istirahat terlebih dahulu, baru kemudian mengajaknya belajar mengaji. Pada umumnya, waktu terbaik yang bisa dipilih untuk belajar mengaji adalah sehabis maghrib.

Itu tadi adalah 3 cara mendidik anak agar rajin mengaji, semoga bisa membantu anak-anak Anda semua. 


8 Responses to " Cara Mendidik Anak Agar Tidak Malas Mengaji Yang Paling Ampuh"

  1. Replies
    1. Ya karena anak kalau diberi reward pasti akan lebih semangat walau hanya berupa pujian

      Delete
  2. Lagi ngusahain pakai cara pertama, minimal kalau si kecil lagi males-malesan dia masih sering denger setiap hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sebagai orang tua kita harus memberi contoh yang baik, sehingga anak akan meneladani apa yang kita lakukan

      Delete
  3. caranya mengena banget nih, memang betul sekali bahwa kebiasaan seoarang anak itu haruslah dimuai dari orang tuanya terlebih dahulu baru bisa menjelma menjadi kebiasaan anak nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya istilahnya buah jatuh tak akan jauh meninggalkan pohonnya hehehe

      Delete
  4. mengaji memang perlu dibiasakan anak sejak kecil ya kak, biar kelak kalau sudah besar bisa rajin mengaji tanpa disuruh orang tua ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali karena kalau masih kecil anak memiliki daya ingat yang sangat baik jadi sayang kalau waktunya terbuang percuma

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel