Cara Mendidik Anak Agar Rajin Shalat Tanpa Harus Dipaksa dan Dimarahi


Anak adalah karunia terbesar yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada setiap orang tua, sehingga sudah seharusnya kita menjaga dan mendidik mereka sebaik mungkin. Selain memperbaiki kepribadiannya agar mandiri dan tidak manja, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mendidik anak agar rajin sholat.

Ini penting sekali diterapkan sejak dini, supaya dewasa nanti anak-anak tidak malas melaksanakan sholat. Sholat adalah ibadah penting yang menjadi tiang agama dan tidak boleh ditinggalkan oleh setiap muslim.

Kalau begitu mulai sekarang Anda bisa mencoba cara mendidik anak agar rajin sholat berikut ini.
Tips Supaya Anak Tidak Malas Sholat

1.Menanamkan didalam diri anak betapaga pentingnya sholat
Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua agar anak-anaknya rajin sholat adalah memberikan pengertian. 
Pengertian disini meliputi bahwasannya sholat adalah kewajiban bagi semua muslim, sholat adalah bentuk pengabdian kita kepada ALLAH SWT dan rasa syukur dari semua nikmat yang telah dimiliki.
Ketika sejak dini anak-anak sudah mengetahui pentingnya sholat bagi setiap muslim, maka hal itu akan berdampak dikehidupan mereka saat dewasa, sehingga tidak malas untuk melakukan sholat karena sudah memahami betul jika sholat adalah kewajibannya. 


2.Menjadi contoh yang baik
Sebagai tindak lanjut dari poin pertama, Anda harus menjadi contoh yang baik kepada anak-anak. Tunjukkan bagaimana keseriusan Anda dalam melaksanakan sholat 5 waktu, maka anak-anak pasti akan mengikuti.

Karena anak adalah cermin orang tua, sehingga bagaimana mereka melaksanakan sholat itu tergantung dari kebiasaan orang tua. 

3.Sampaikan manfaat sholat
Cara mendidik anak agar rajin sholat yang terakhir adalah menyampaikan manfaatnya. Ceritakan kepada anak jika ketika seorang muslim rajin melaksanakan sholat, maka mereka akan dibalas dengan kenikmatan surga di akherat kelak dan bisa menghindarkan anak-anak dari perbuatan keji.Dengan mengetahui manfaat sholat, maka akan tumbuh semacam motivasi didalam diri anak-anak. 

Baiklah mungkin cukup sekian dulu postingan tentang 3 cara mendidik anak agar rajin sholat. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan jangan lupa bantu share artikel ini agar saudara-saudara kita yang lain juga mengetahui informasi tersebut. 



4 Responses to " Cara Mendidik Anak Agar Rajin Shalat Tanpa Harus Dipaksa dan Dimarahi"

  1. wah bagus ini kak tips nya, biar anak2 bisa punya kesadaran untuk sholat 5 waktu ya sejak kecil dan juga kalau bisa melatih anak berpuasa juga kak, karena ini kan bentar lagi mau bulan ramadhan ya ;)

    ReplyDelete
  2. seorang anak memang sudah seharusnya diajarkan sejak dini ya teh, biar imanny kuat dan ketika dewasa nanti bisa jadi anak yang berbakti

    ReplyDelete
  3. Mendidik anak solat dari kecil itu bagai menulis diatas batu, sedangkan kalau dah gede baru di didik, bagai menulis diatas air... gitulah ibaratnya :D hahah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel