Soal ujian kenaikan kelas bahasa jawa sd kelas 5 k13



Selamat pagi adik-adik yang manis kali ini kita akan berlatih soal ujian kenaikan kelas pada pelajaran bahasa jawa untuk sd kelas 5. Soal ini diambil dari kota semarang tepatnya di kecamatan gajah mungkur tahun ajaran 2018/2019 semoga bisa menambah referensi belajar. Pada soal ini juga disertakan kompetensi dasar apa yang di ujikan dan ini untuk soal romawi 2 dan 3 ya dengan sedikit perubahan semoga bermanfaat.

II. Isenana ukara ing ngisor iki nganggo tembung-tembung kang trep !

KD 3.1 Memahami tembang pangkur
36. Cacahing larik saben sapada diarani ....

37. Miturut paugeran tembang pangkur, guru wilangan ing larik pitu yaiku ....

38. Guru lagu tembang pangkur ing larik sepisan yaiku ...

KD 3.2 Memahami cerita legenda
39. Pitutur kang isa dituladhani saka legenda kawah sikidang yaiku ....

40. Kidang garungan ngutuk keturunane sinta dewi duweni rambut gimbal. Saka ukara kuwi, kidang garungan duweni watak ....

KD 3.3 Memahami teks cerita wayang pandawa "srikandhi madeg senapati"
41. Dewi srikandhi iku garwane ....

42. Opo sebabe dewi srikandhi iso diangkat dadi senapati pandawa....

43. Pitutur kang isa diteladhani saka crita wayang "srikandhi madeg senapati" yaiku ....

KD 3.4 Memahami pasangan huruf jawa
44. "Jaran kepang" yen ditulis aksara jawa yaiku ....

45. "Anak kidang" yen ditulis aksara jawa yaiku ...

III. Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki !

KD 3.1 Memahami tembang pangkur
46. Sebutna 3 wae paugerane tembang pangkur!

KD 3.2 Memahami cerita legenda
47. Sebutna crita legenda kang ana ing daerahmu 3 wae!

48. Tulisening sak paragraf crita legenda ana daerah sekitarmu!

KD 3.3 Memahami teks cerita wayang pandawa "srikandhi madeg senapati"
49. Sebutna 3 wae paraga ing crita wayang "srikandhi madeg senapati"!

KD 3.4 memahami pasangan huruf jawa(20 pasangan)
50. Tulisen nganggo aksara jawa "aku nari gambang semarang"!

Demikianlah soal ujian kenaikan kelas pelajaran bahasa jawa untuk siswa kelas 5 sd di kecamatan gajah mungkur kota sematang tahun ajaran 2018/2019 pada romawi 2 dan 3 semoga bisa menjadi referensi untuk belajar, dan mungkin apabila ada kesulitan dalam mengerjakan bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah. Terimakasih semoga bermanfaat.

8 Responses to "Soal ujian kenaikan kelas bahasa jawa sd kelas 5 k13"

  1. waah pelajaran bahasa jawa tingkat sd tapi sulit juga untuk dijawab :D wkk, sudah lupa sama beberapa materinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal orang jawa ya mbak masak lupa sama jawanya heheheh

      Delete
  2. Saya membaca soal demi soal lidah saya sedikit kaku. Maklum lama tidak berbahas jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin perlu pemanasan dulu mas sebelum membaca, kayak mau olahraga aja ya hehehehe

      Delete
  3. Saya penasaran mba, pelajaran bahasa Jawa dimulai sejak kelas berapa ya mba? setahu saya anak saya masih belum terlalu mengeluhkan bahasa Jawa.

    Padahal kata suami saya, nantinya ada tulisan yang kromo apaaa gitu, shock juga nih kalau anak saya nggak bisa, terus saya juga nganga nggak bisa ngajarinnya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak rey bukan asli jawa ya atau jawa tapi migrasi ke pulau seberang dan lama di sana kok kayaknya susah jawanya hehehe btw emang sekarang sudah mulai dipandang sebelah mata untuk pelajaran bahasa jawa harusnya ada pembiasaan dirumah

      Delete
  4. Replies
    1. iya, kan di jawa tengah kalau di jawa barat ya bahasa sunda padahal jawa barat juga jawa ya...jadi bingung hehehehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel