8 cara membentuk kebiasaan membaca yang baik pada anak


Membaca merupakan ketrampilan paling penting yang harus dipelajari anak untuk meraih sukses jangka panjang. Membaca merupakan salah satu alat bantu untuk membentuk pondasi bahasa pada tiga tahun pertama bagi anak. Dengan menyukai buku dan juga membaca cerita sejak kecil membantu meningkatkan kemampuan untuk memahami kata, membangun kreativitas serta daya imajinasi.

Bagaimana cara membentuk kebiasaan membaca yang baik bagi anak mari kita simak bersama.

1. Sediakan ruang baca untuk anak
Dimulai dengan adanya tempat yang menyenangkan maka anak akan merasa nyaman dan tentunya akana senang untuk berada disana. Karena menumbuhkan kecintaan terhadap buku dan membaca merupakan langkah awal.

2. Memberikan keteladanan
Jadilah contoh bagi anak kita dengan membaca buku atau mungkin surat kabar, sehingga anak akan menjadi semakin semangat dan juga tertarik untuk membaca.

3. Bacalah bersama
Sediakan waktu khusus untuk anak. Dan momen ini sekaligus merupakan saat untuk lebih dekat dengan anak.

4. Pilih buku yang tepat untuk anak
Bantu anak untuk memilih buku yang sesuai dengan kriteria usia. Selain itu kita juga bisa akan memdapat pengalaman yang lebih jika mereka membaca buku yang tepat.

5. Bentuk kebiasaan membaca tidak hanya dari buku saja
Kebiasaan membaca sebenarnya tidak hanya didapat dari buku. Misalnya saat kita di perjalanan banyak sekali tulisan yang terpampang sekaligus gambar yang ada. Kita bisa mengajak anak berdiskusi tentang hal tersebut.

6. Diskusikan apa yang telah dibaca oleh anak
Setelah anak selesai membaca, bicarakan hal apa saja yang menarik perhatiannya. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan pemahaman anak.

7. Berikan pujian
Ketika kita sebagai orang tua membacakan cerita dari sebuah buku, mungkin akan tahu pencapaian akhir dari cerita tersebut. Demikian pula ketika anak sudah selesai membaca cerita, kita sebagai orang tua selayaknya memberikan pujian agar anak menjadi lebih termotivasi.

8. Biasakan membaca buku setiap malam
Rutinitas membaca, terutama sebelum tidur akan membantu anak tidur lebih nyenyak dan juga terasa nyaman dengan adanya motivasi dari kita. Dan tentunya kegiatan ini akan menjadi suatu rutinitas yang positif untuk diterapkan.

5 Responses to "8 cara membentuk kebiasaan membaca yang baik pada anak"

  1. biasanya kl anak senang dikasih buku yg bergambar, tapi ada bacaannya. jd mereka bakal lebih semangat membaca sambil melihat-lihat gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak anak-anak sekarang lebih suka yang cerita bergambar, tetapi ini sebenarnya juga lebih bagus yang penting anak sudah mulai senang membaca

      Delete
  2. Kreativitas anak akan tumbuh baik jika dipancing kegiatan yang positif seperti membaca, mendongeng, bermusik, mandi bola, dan sebagainya

    ReplyDelete
  3. Anak2 sekarang lebih senang main hape... susah benar diajak baca buku

    ReplyDelete
  4. Yaa diera zaman gadget seperti memang kita sebagai orang tua harus pandai mengatur waktu, Kapan anak kita membaca dengan baik dan benar.

    Dan juga kapan anak kita kasih gadget. Jadi pengawasan orang tua untuk urusan membaca pada anak masih diperlukan.

    Karena pola membaca setiap anak pasti berbeda2.😊

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel