Rangkuman materi IPA pesawat sederhana disertai soal dan pembahasannya




Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa jenis pesawat sederhana.

1. Katrol


Katrol berupa roda yang dapat berputar pada porosnya. Katrol digunakan untuk mengangkat ataupun menarik benda. Ada beberapa jenis katrol, antara lain katrol bebas, katrol tetap, dan katrol majemuk.

2. Tuas atau pengungkit


Tuas atau pengungkit adalah alat yang menyerupai batang yang digunakan untuk mengungkit suatu benda. Bagian tuas sendiri terdiri atas beban, kuasa, dan titik tumpu.

Berdasarkan letak titik tumpu, beban, dan juga kuasa, tuas dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis 1, jenis 2, jenis 3. Tuas jenis 1 titik tumpu berada diantara kuasa dan beban. Contoh dari tuas jenis 1 adalah jungkat-jungkit. Tuas jenis 2 beban berada diantara kuasa dan titik tumpu, contohnya adalah pembuka tutup botol. Untuk tuas jenis 3 yang ditengah adalah kuasa, jadi kuasa berada diantara beban dan titik tumpu. Contoh dari tuas jenis 3 adalah sekop.

3. Bidang miring

Bidang miring merupakan bidang datar yang salah satu ujungnya lebih tinggi daripada ujung lainnya. Dengan menggunakan bidang miring akan memudahkan kita untuk memindahkan suatu benda walaupun jaraknya lebih panjang tapi tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit.

4. Roda berporos

Roda berporos merupakan roda yang dihubungkan dengan sebuah roda berporos yang dapat berputar bersama-sama. Contoh roda berporos adalah roda mobil dan setir.


Latihan soal

1. Budi memotong kertas menggunakan gunting. Alat yang digunakan Budi merupakan pesawat sederhana jenis ....

2. Ayah memotong kayu menggunakan kapak. Kapak merupakan pesawat sederhana jenis ...

3. Ibu merasa kesulitan dan mudah capek jika mengambil air dari sumur hanya menggunakan tali dan timba. Untuk mempermudah kegiatan Ibu, jenis pesawat sederhana yang cocok adalah ....

4. Jenis alat bantu yang cocok untuk menaikkan drum seberat 150 kg ke atas truk adalah ....

5. Pak Heri memindahkan tanah yang tidak terpakai ke atas gerobak menggunakan sekop. Sekop merupakan tuas atau pengungkit jenis ....

Pembahasan

1. Gunting merupakan pesawat sederhana jenis tuas atau pengungkit. Karena titik tumpunya ada di tengah maka gunting termasuk tuas jenis pertama.

2. Kapak merupakan pesawat sederhana jenis bidang miring

3. Untuk mempermudah Ibu saat mengambil air, maka dibutuhkan pesawat sederhana sejenis katrol.

4. Untuk mempermudah memindahkan drum ke atas truk maka diperlukan pesawat sederhana jenis bidang miring.

5. Sekop merupakan tuas jenis ketiga karena kuasa berada diantara beban dan titik tumpu.


Semoga bermanfaat

1 Response to "Rangkuman materi IPA pesawat sederhana disertai soal dan pembahasannya"

  1. kalau di sini, no. 1 tu dipanggil tuas. no. 2 dipanggil jongkang-jongkit ;-)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel