Pengertian dan Langkah Serta Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Wawancara



Selamat pagi para siswa yang sangat tangguh dan juga memiliki cita-cita yang mulia. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai wawancara. Materi kelas 4 tema 9 Kayanya Negeriku. Mari kita pelajari bersama.

Ada berbagai hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan informasi mengenai suatu hal, diantaranya membaca buku, membuka internet, mencari informasi melalui majalah. Selain cara yang sudah disebutkan ada lagi satu cara yakni dengan melakukan wawancara.

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara penanya dan pemberi informasi. Pemberi informasi bisa kita sebut dengan narasumber. Misalnya jika ingin mengetahui kondisi lingkungan sekitar rumah, kita dapat mewawancarai tetangga ataupun ketua RT yang lebih paham mengenai lingkungan sekitar.

Langkah-langkah dalam melakukan wawancara diantaranya :

1. fokus pada hal yang ingin kita tanyakan
2. membuat sebuah daftar pertanyaan
3. menentukan narasumber
4. melakukan wawancara
5. mencatat hal penting seputar jawaban yang diberikan
6. membuat kesimpulan hasil wawancara

Langkah diatas bisa kita terapkan saat mau melakukan kegiatan wawancara, sehingga kegiatan wawancara bisa berjalan lancar dari awal sampai akhir. Selain itu ada beberapa hal yang tidak boleh kita abaikan saat melakukan wawancara. Apakah hal yang harus diperhatikan tersebut ?

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat wawancara :

1. Sikap
Ketika melakukan wawancara dengan narasumber kita harus memperhatikan sikap. Misalnya menggunakan bahasa baku, dan santun.

2. Pemilihan pertanyaan
Pertanyaan yang kita ajukan kepada narasumber harus singkat dan mudah dipahami, jadi tidak perlu bercerita panjang lebar yang justru malah akan menghabiskan waktu. Selain itu kita juga sebaiknya tidak menyela atau memotong pembicaraan dari nara sumber .

3. Narasumber
Terkait dengan narasumber haruslah yang kompeten, atau sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Misalnya ketika tema wawancara tentang pertanian kita bisa langsung melakukan wawancara dengan petani.

Demikianlah sedikit informasi semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian dan Langkah Serta Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Wawancara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel