Jenis-Jenis Energi serta contoh dan pemanfaatannya



Selamat pagi adik-adik sekalian. Semoga selalu diberikan kesehatan sehingga kita bisa belajar di rumah dengan nyaman. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi kelas 4 tema 9 subtema 2 pembelajaran tiga tentang jenis-jenis energi.


Pada materi sebelumnya sudah dijelaskan tentang pemanfaatan energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Selain itu juga energi dapat mengalami perubahan bentuk sesuai dengan hukum kekekalan energi bahwa energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan tapi dapat diubah bentuk dari satu energi ke energi lain. Energi juga memiliki jenis yang beragam diantaranya sebagai berikut.

1. Energi kalor(panas)
Energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi ini dimanfaatkan untuk memanaskan ataupun mengeringkan suatu benda. Misalnya energi panas matahari untuk menjemur ikan asin, mengeringkan pakaian sehabis dicuci. Energi panas terbesar di bumi adalah matahari.

2. Energi bunyi
Energi bunyi merupakan salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Bunyi kemudian akan merambat melalui perantara udara. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran berupa bunyi. Benda yang bisa  menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Misalnya gendang dan gong yang dipukul akan menghasilkan bunyi. Gitar yang dipetik juga akan menghasilkan bunyi.

3. Energi listrik
Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena terdapat perpindahan muatan-muatan. Perpindahan muatan akan menimbulkan arus listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling banyak dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik digunakan untuk menggunakan alat-alat elektronik rumah tangga. Misalnya menghidupkan televisi, menyalakan kipas angin, membunyikan radio.

4. Energi kinetik(gerak)
Energi gerak adalah jenis energi  yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Semakin besar kecepatan benda bergerak, maka semakin besar  energi kinetik yang dihasilkan.

Contoh energi kinetik adalah saat bola menggelinding, kendaraan yang bergerak, air yang mengalir di sungai, dan lain-lain.

5. Energi potensial
Saat sebuah benda bergerak, dapat dikatakan benda memiliki energi kinetik. Akan tetapi, benda tersebut juga kemungkinan memiliki Energi Potensial. Energi Potensial adalah energi yang dimiliki benda karena posisinya. Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial diakibatkan gaya gravitasi bumi.

Contoh energi potensial adalah batu pada ketinggian tertentu memiliki energi potensial untuk jatuh, begitu pula pada contoh lain cabang suatu pohon memiliki energi potensial karena sewaktu-waktu bisa jatuh.


6. Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang mengalami reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. Makanan yang kita makan juga mengandung unsur kimia di dalamnya.

Contoh energi kimia misalnya senter bisa menyala karena adanya reaksi kimia pada baterai, atau reaksi pada aki kendaraan.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis energi beserta contoh dan pemanfaatanyya semoga bermanfaat.







6 Responses to "Jenis-Jenis Energi serta contoh dan pemanfaatannya"

  1. Siiip .., keenam jenis sumber energi ini kacatat apa saja.
    Kebetulan ponakanku tanya hal ini.
    Ya kan aku ngga ingat banget ya jenisnya apa saja, kan udah lama aku ngga sekolah hihihi 😁

    Terimakasih informasinya, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kalau mas himawan gak perlu belajar langsung ke tkp aja hehehe

      Hapus
  2. Alhamdulillah dapat pelajaran sekolah tentang energi. Energi yang paling banyak digunakan saat ini memang energi listrik, bisa buat lampu dan juga charger hape.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas tanpa listrik kita sekarang mati kutu hehehe

      Hapus
  3. Energi potensial, saya baru mengenalnya saat baca artikel ini
    Kalau jenis energi lainnya, pernah saya dapatkan saat masih SMP

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih hanya sekedar materi sd aja, mungkin masih pengenalan

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel