Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 "Indahnya Keragaman Budaya Negeriku" IPA

 


Gaya Listrik dan Kegunaanya dalam Kehidupan Sehari-hari

Salah satu keragaman budaya di Indonesia adalah lagu daerah. Kamu dapat mendengarkan lagu daerah melalui kaset yang diputar di radio ataupun dapat menonton melalui tayangan televisi. Bagaimana radio dan televisi dapat diputar untuk menghasilkan suara dan juga gambar?

Radio dan televisi merupakan peralatan listrik. Peralatan listrik dapat bekerja karena dipengaruhi adanya gaya listrik. Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda bermuatan listrik. Listrik memiliki dua jenis muatan yaitu muatan positif dan juga muatan negatif. Dua benda yang bermuatan listrik sejenis jika didekatkan akan tolak-menolak, sedangkan benda yang bermuatan listrik tidak sejenis jika didekatkan akan tarik-menarik.

Listrik Statis

Listrik statis adalah muatan listrik pada benda yang tidak mengalir. Hal ini dikarenakan muatan negatif tidak bergerak dalam benda tersebut. listrik statis dapat diamati ketika penggaris plastik digosokkan ke rambut. Semula penggaris bermuatan netral kemudian saat digosok ke rambut terjadi perpindahan muatan sehingga penggaris memiliki muatan negatif lebih banyak. Jika penggaris yang telah digosokkan ini didekatkan ke potongan kertas, potongan kertas akan menempel pada penggaris tersebut. Potongan kertas akan lepas ketika muatan negatif pada penggaris dan potongan kertas kembali sama sehingga terjadi tolak-menolak. Ingat jika muatan sejenis dalam jumlah yang sama akan tolak-menolak.

Listrik Dinamis

Listrik dinamis adalah muatan listrik yang dapat bergerak. Energi listrik bergerak dari kutub positif menuju kutub negatif. Contohnya pada baterai yang ada pada rangkaian listrik. Baterai memiliki dua kutub yaitu kutub positif dan juga kutub negatif. Jika kutub positif dan kutub negatif dihubungkan dengan kabel akan terjadi aliran listrik dinamis. Aliran listrik dinamis juga ada pada rangkaian listrik dirumah kita. aliran listrik dapat dihentikan jika penghubung antar kutub diputus dengan menggunakan saklar. Saklar berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik.


Perubahan Energi Listrik

Arus listrik mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Jika arus listrik bergerak melalui peralatan listrik peralatan tersebut akan dapat berfungsi. Energi listrik akan diubah menjadi energi lain sesuai dengan kegunaan peralatan listrik. Beberapa perubahan energi listrik pada peralatan listrik diantaranya energi listrik menjadi energi gerak contoh kipas angin, blender, mesin cuci. Energi listrik menjadi bunyi contoh bel listrik. Energi listrik menjadi cahaya contoh lampu. Energi listrik menjadi panas contoh kompor listrik, setrika listrik, oven. Energi listrik menjadi cahaya dan bunyi contoh televisi. Perubahan energi listrik yang terjadi pada televisi adalah jika tombol power pada televisi ditekan, energi listrik akan masuk ke dalam televisi dan diubah menjadi energi cahaya dan bunyi. Energi cahaya berupa gambar pada layar televisi sedangkan energi bunyi berupa suara yang keluar dari pengeras suara pada televisi.


Latihan

1. Peralatan listrik dapat bekerja karena dipengaruhi ....

2. Listrik memiliki dua jenis muatan yaitu ...... dan ......

3. Dua benda bermuatan listrik sejenis jika didekatkan akan ....

4. Dua benda bermuatan listrik tidak sejenis jika didekatkan akan ....

5. Listrik statis adalah ....

6. Listrik dinamis adalah .....

7. Alat yang berfungsi menghubungkan dan memutus aliran listrik adalah ....

8.Bagaimana proses terjadinya perubahan energi listirk yang ada pada televisi jelaskan !


Selamat Belajar

0 Response to "Materi Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 "Indahnya Keragaman Budaya Negeriku" IPA "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel