Pembahasan BUPENA 4C tema 7 Subtema 3 Penugasan halaman 159

 Bacalah teks berikut, lalu kerjakan soal-soalnya di buku tugasmu !




Merajut Keragaman di Kampung Pancasila

     Kampung Pancasila adalah sebuah julukan yang diberikan oleh masyarakat seiring dengan suasana harmoni dan sikap toleransi beragama yang dilakukan warga desa Balun, kecamatan Turi, kabupaten Lamongan Jawa Timur. Desa Balun yang jaraknya dekat dari pusat kota ini merupakan salah satu desa tua yang memiliki berbagai nilai sejarah, termasuk tentang penyebaran Islam oleh para santri murid Walisongo dan masih terkait dengan sejarah hari jadi kota Lamongan.

     Harmoni kerukunan antar umat beragama di desa Balun sudah ada sejak lama dan terus terpelihara hingga saat ini. Kepala desa Balun, Sudarjo, mengatakan pada tahun 1990-an saat gencarnya Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, desa Balun menjadi percontohan untuk pelaksanaan program pemerintah itu. Sejak saat itulah desa Balun dikenal dengan julukan kampung Pancasila. Saat ini, penduduk desa Balun tercatat terdiri atas 3.780 pemeluk Islam 688 beragama Kristen dan 282 penganut Hindu.

     Dalam kehidupan sehari-hari, warga Balun tidak tinggal secara berkelompok berdasarkan agama, tetapi bercampur menjadi satu. Di desa Balun, 3 agama yang berkembang yaitu Islam Kristen dan Hindu memiliki tempat ibadah yang saling berdekatan satu sama lain. Meskipun tempat ibadah berada dalam satu area tetapi warga Balun saling menghargai agama yang dianut setiap warga. Kerukunan tidak hanya tergambar dalam bangunan rumah ibadah yang bertetangga. Kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat seperti kerja bakti dan peringatan hari besar nasional juga dilakukan bersama tanpa membedakan aliran kepercayaan.

     Warga desa Balun yang merasakan nyamannya hidup dengan kerukunan antar umat beragama pun berusaha menjaga kedamaian tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesepakatan yang dideklarasikan pada tanggal 17 Juni 1998 antar warga di desa Balun. Kesepakatan ini bertujuan agar seluruh warga desa balun mampu menjaga dan mengembangkan kerukunan serta toleransi antar umat beragama.


1. Carilah kata-kata sulit pada teks diatas dan carilah artinya di kamus besar bahasa Indonesia !

Harmoni : pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian

Toleransi : sifat atau sikap toleran

Umat : para penganut suatu agama

Santri : orang yang mendalami agama Islam

Kerukunan : perihal hidup rukun

2. Mengapa desa Balun dijuluki sebagai kampung Pancasila ?

Karena adanya harmoni kerukunan antar umat beragam yang terus terpelihara

3. Menurutmu apa yang dimaksud dengan sikap toleransi ?

Sikap saling menghargai dan menghormati sehingga tercipta kerukunan

4. Tuliskan tiga kegiatan yang menunjukkan sikap toleransi di lingkungan sekolahmu !

a. bermain dengan teman tanpa membedakan suku ataupun agama

b. menghormati teman yang sedang beribadah

c. menaati peraturan yang ada di sekolah

0 Response to "Pembahasan BUPENA 4C tema 7 Subtema 3 Penugasan halaman 159"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel