Belajar membuat slime mudah praktis dan ekonomis


Slime merupakan mainan anak yang sangat populer. Mulai dari anak umur 3 tahun bahkan 2 tahun sudah mengenal mainan ini. Memang banyak sekali penjual slime, bahkan hampir di setiap sekolah atau tepatnya depan sekolah yang ada bapak atau ibu penjual mainan anak pasti ada mainan ini. Mulai dari harga yang sangat murah sampai yang sangat mahal ada. Tentu saja tergantung bahan yang digunakan untuk membuatnya. Langsung saja akan kita bahas bagaimana cara membuat slime yang murah tapi tidak murahan. Ini adalah tips dan cara dari anak-anak kelas 5A SD Labschool Unnes Semarang. Setelah jadi slime ini bisa ditawarkan ke teman sekolah sehingga bisa dijadikan ajang berlatih wira usaha anak juga.
Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :

Bahan :
1. Lem, untuk lem bisa menggunakan lem fox atau kalau tidak pakai lem kertas yang agak cair biasanya dalam botol.
2. Sabun cair
3. slime activator, yang dibuat dari gom yang dicampur dengan air sebagai pengental
4, Bedak bayi, supaya tidak lengket
5. Air
6. Pewarna, untuk menjadikan slime lebih menarik biasanya menggunakan pewarna makanan
7. Gliter, ini supaya tampilan menjadi lebih bagus
Alat :
1. Baskom, sebagai tempat mencampur bahan yang sudah dipersiapkan
2. Pengaduk
3. Sendok
4. Tempat untuk slime yang sudah jadi.
Cara membuat :
Masukkan lem, sabun cair dan juga sedikit air dengan menggunakan sendok dengan takaran tertentu. Kemudian masukkan slime activator sedikit saja supaya campuran bisa menggumpal. Setelah itu aduk dan akan terjadi penggumpalan kemudian bisa ditambahkan air dan juga bedak. Air bisa sedikit bisa banyak tergantung kita. Sedangkan fungsi dari bedak supaya slime tidak terlalu lengket. Aduk lagi sampai menggumpal kembali kemudian tambahkan pewarna sesuai dengan keinginan kita. Aduk pewarna sampai merata dapat juga ditambahkan glitter supaya lebih menarik. Tapi untuk penambahan glitter jangan terlalu banyak dan ratakan glitter sampai menyebar. Dan slime sudah jadi tinggal kita letakkan dalam wadah yang sudah tersedia dan siap untuk dimainkan.
Tips :
Apabila slime tidak dimainkan, slime sebaiknya ditaruh dalam wadah tertutup agar tidak cepat keras, dan apabila akan mengeras, beri air secukupnya.

inilah sedikit cara mudah dan murah membuat slime ala siswa SD Labschool Unnes dan dipraktekkan saat kegiatan morning meeting yang merupakan pembiasaan yang selalu di lakukan siswa SD Labschool tiap hari kamis sebelum jam pembelajaran di mulai. Kegiatan morning meeting ini merupakan ajang kreativitas siswa dan juga guru untuk mengapresiasi keinginan dari kedua belah pihak.Semoga bisa menginspirasi kita semua.

12 Responses to "Belajar membuat slime mudah praktis dan ekonomis"

  1. Wih keren mbak, oh iya Slime bisa buat bersihin laptop juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa, bisa juga buat bersihin layar handphone soalnya bisa narik debu yang menempel

      Delete
    2. O, iya tooow ...
      Slime bisa buat bersihin perangkat gadget ?.

      Tau gitu,
      Slime kepunyaan ponakanku kupinjam deh 😁

      Ponakanku cewek tuh demen banget mainin slime, hampir tiap waktu ke mal pasti belinya slime.
      Sampai komplit koleksi warnanya 😅

      Disini ada cara pembuatan slime, jadi bisa dipraktekkan, ngga usah beli terus.

      Delete
    3. Ya mas himawan betul sekali saya juga taunya dari anak-anak kalau slime bisa buat bersihin gadged

      Delete
  2. Slime kayakna banyak manfaat nya jg ya
    Tp hrs slalu cuci tangan sehabis memegang nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang soalnya agak lengket gimana dan tentunya mudah menempel debu atau kotoran ke slime sehingga tangan juga ikut kotor

      Delete
  3. wah asyik juga ya para siswa belajar bikin slime, jadi pengen ikut belajar juga nih sama mereka, siapa tahu dapat ilmu dan pengalaman yang banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar belajar tidak harus sama orang dewasa ternyata anak pun juga bisa memberi inspirasi

      Delete
  4. Wah ada DIY slime yaa...asik bsa ngirit banyak ni... bikin slime aneka warna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, mudah murah dan praktis bisa di coba di rumah heheheh

      Delete
  5. Menarik sekali. Ini akan melatih anak-anak juga untuk tidak sedikit-sedikit beli. Kalau bisa menbuatnya sendiri, ngapain harus beli.
    malahan bisa juga menjualnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul memang alangkah baiknya kalau sedikit berkorban tapi untuk kedepannya bisa melatih kewirausahaan anak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel