"Surat Undangan resmi" penjelasan beserta contoh


 



Surat undangan adalah salah satu jenis surat yang memuat ajakan kepada seseorang atau kelompok untuk menghadiri kegiatan tertentu. Terdapat dua jenis surat undangan yaitu surat undangan tidak resmi dan resmi. Hal yang dapat membedakan karena keduanya memiliki struktur susunan yang berbeda dan untuk keperluan yang tidak sama pula.

Surat undangan resmi berdasarkan KBBI adalah surat yang digunakan untuk keperluan  formal.

Seperti misalnya seseorang, instansi ataupun organisasi mengadakan kepentingan resmi  kemudian memberikan surat kepada pihak yang dituju dalam bentuk undangan, surat edaran, surat pemberitahuan dan lain-lain yang mengharapkan kehadiran pada acara tersebut.


Bagian-bagian Surat Undangan Resmi

Dalam membuat surat undagan resmi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkaitan bagian surat undangan dan urutannya. Berikut adalah beberapa bagian penting surat undangan resmi yang baik dan benar.

1. Kop Surat/Kepala Surat

Kop surat adalah identitas dari sebuah perusahaan ataupun instansi agar penerima surat mengetahui asal surat undangan tersebut. Setiap undangan resmi pasti memiliki kop surat yang menggambarkan lembaga atau instansi tertentu.


2. Tanggal Surat

Tanggal surat ditulis sebagai acuan terkait kepenulisan surat undangan kapan surat undangan tersebut dibuat.


3. Nama dan Pihak yang dituju

Bagian ini perlu dicantumkan secara jelas agar nama dan pihak yang dituju tidak terjadi kesalahpahaman bagi pihak penerima.


4. Isi Surat

Isi surat adalah bagian yang paling penting karena mengambarkan isi dari surat yang bertujuan mengajak penerima untuk menghadiri acara atau kepentingan resmi tertentu. 


5. Waktu dan Tempat

Bagian yang perlu dicantumkan pada surat undangan resmi adalah waktu dan tempat pelaksanaan, hal ini bertujuan agar penerima surat undangan tidak kebingungan dan mengetahui waktu dan tempat pelaksanaan acara.


6. Lampiran atau Agenda

Beberapa surat undangan  resmi ada yang menggunakan bagian ini dan ada pula yang tidak menggunakannya. Agenda biasanya digunakan untuk lebih memperjelas topik pelaksanaan acara supaya penerima undangan mengetahui secara umum acara tersebut.


7. Stempel dan Tanda Tangan

Stempel dan tanda tangan merupakan bukti kuat bahwa surat undangan berasal dari pihak resmi yang mengadakan suatu kegiatan.


Contoh surat undangan resmi dapat dipergunakan agar surat undangan yang kalian buat sesuai dengan penulisan yang baik dan benar. Berikut adalah contoh surat undangan resmi yang bisa dijadikan panduan dalam pembuatannya.



Demikianlah sedikit penjelasan tentang surat undangan resmi, semoga bermanfaat.


0 Response to ""Surat Undangan resmi" penjelasan beserta contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel