Keragaman Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia

 


Keragaman Ekonomi di Indonesia  

Keberagaman Ekonomi adalah keadaan di mana kegiatan ekonomi di dalam masyarakat beragam atau berbeda-beda. Kegiatan ekonomi tersebut dibagi ke dalam beberapa sektor seperti agraris, industri, jasa, perdagangan, dan lain sebagainya.

Contoh keberagaman ekonomi bisa kita lihat di lingkungan terdekat kita dimana terdapat berbagai macam usaha dan profesi yang dijalankan masyarakat. Ada yang bekerja sebagai petani, peternak, guru, dokter, pedagang, penyedia jasa misalnya tenaga pijat, ojek online dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masyarakat melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi masyarakat disesuaikan dengan kondisi alamnya. Berikut beberapa contoh kegiatan ekonomi di Indonesia.

1. Pertanian dan perkebunan

Kegiatan pertanian dan perkebunan banyak dilakukan masyarakat yang tinggal di dataran tinggi dataran rendah dan pantai.  Tanaman yang dibudidayakan juga berbeda-beda karena disesuaikan dengan jenisnya.  Misalnya tanaman teh hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi. Contoh tumbuhan dan yang dimanfaatkan untuk pertanian diantaranya padi, jagung, umbi-umbian, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi.

2. Peternakan dan Perikanan

Kegiatan peternakan biasanya dikelola oleh masyarakat atau badan usaha. Hewan-hewan yang biasa diternak yaitu ikan mas, ikan lele, ayam, bebek, kambing, dan sapi. pemanfaatan kegiatan peternakan sangat banyak misalnya hasil dari peternakan sapi selain dapat dimabil dagingnya, kulitnya juga dapat menghasilkan susu. Kegiatan ekonomi masyarakat pesisir pantai sebagian besar sebagai nelayan yang bekerja menangkap ikan di laut.  Hewan laut yang biasa ditangkap yaitu ikan kakap, udang, dan kepiting.

3. Kehutanan

Kegiatan ekonomi di bidang kehutanan adalah memanfaatkan hasil hutan sebagai sumber mata pencaharian. Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan hutan. Tanaman yang biasa dimanfaatkan yaitu jati dan rotan. hasil hutan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk industri bangunan dan mebel. Hasil hutan juga diekspor untuk menambah devisa negara. Kegiatan ekonomi dalam bidang kehutanan harus mendapatkan ijin yaitu HPH atau hak pengusahaan hutan.


Selain aktivitas ekonomi pada bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan juga kehutanan, terdapat aktivitas ekonomi di bidang pertambangan, industri, perdagangan dan jasa.

Aktivitas ekonomi di bidang pertambangan menyangkut pengelolaan kekayaan alam yang berada di perut bumi. Seperti pengelolaan minyak bumi, gas alam, emas, timah, intan, dan lain sebagainya.

Aktivitas ekonomi di bidang industri menyangkut tentang bagaimana cara pengelolaan dari bahan mentah menjadi barang ekonomis yang mempunyai nilai jual lebih. Sebagai contoh kulit sapi yang diubah menjadi tas, kotoran ternak yang menjadi pupuk, ikan yang menjadi ikan kalengan, dan masih banyak lagi.

Aktivitas ekonomi di bidang perdagangan menyangkut kegiatan jual beli antara produsen, distributor, dan juga konsumen. Perdagangan ini dapat berupa kegiatan  jual beli di bidang pertanian, industri, perikanan, hutan, dsb. Selain itu, perdagangan dapat dilakuan dengan cara ekspor dan juga  impor.

Aktivitas ekonomi di bidang jasa menyangkut kegiatan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti kegiatan pemenuhan sarana transportasi, kesehatan, jasa pariwisata, perbankan, dan lain sebagainya.


Latihan

1. Apa yang dimaksud dengan keberagaman ekonomi ?

2. Sebutkan tiga contoh tumbuhan yang dimanfaatkan untuk pertanian !

3. Tuliskan 3 manfaat beternak sapi bagi masyarakat !

4. Apa kepanjangan dari HPH ?

5. Tujuan masyarakat melakukan kegiatan ekonomi adalah ....


Selamat Belajar


0 Response to "Keragaman Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel