Taksonomi Tumbuhan



 Selamat pagi semua, semoga hari ini kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar secara lengkap tentang klasifikasi pada tumbuhan. Silahkan bisa dibaca dan dicermati dengan seksama. 

Pengertian Tumbuhan (Plantae)

Kingdom Plantae merupakan salah satu dari organisme eukariotik multiseluler yang memiliki klorofil serta sebuah dinding sel. Warna hijau yang terdapat pada tumbuhan dihasilkan oleh Klorofil, Klorofil didalam tumbuhan berfungsi saat proses fotosintesis dan menghasilkan cadangan makanannya sendiri atau disebut dengan autotrof. Pada rantai makanan kingdom plantae berperan sebagai rodusen.

Yang menjadi pembeda antara kingdom plantae dengan yang lainnya diantaranya adalah :

  1. Bersifat Multiseluler atau Tumbuhan  memiliki banyak sel.
  2. Bersifat Autrotrof atau Kingdom ini dapat membuat makanan sendiri.
  3. Bersifat Eukariotik, yaitu sel berada dalam organisme multiseluler
  4. Tumbuhan telah memiliki dinding sel yang terbentuk dari Selulosa.
  5. Hidupnya bisa di darat ataupun di daerah perairan.
  6. kingdom ini memperoleh bahan makanan dengan cara fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.
  7. Tumbuhan dapat bereproduksi dengan 2 cara yaitu secara Seksual/kawin  melalui Putik dan Benang Sari dan dengan cara Aseksual misalnya Cangkok, Tunas, Setek, dan lain sebagainya.


Urutan Taksonomi Tumbuhan dari Kelompok paling besar ke kelompok terkecil adalah:

Kingdom --> Divisio --> Kelas --> Order (Ordo) -> Family (Famili) -> Genus -> Species


Kingdom/Kerajaan

Kingdom merupakan urutan takson tertinggi karena kingdom memiliki jumlah takson yang lebih banyak jika dibandingkan dengan takson tumbuhan lainnya. Kingdom terbagi menjadi enam, yaitu animalia atau hewan, tumbuhan atau plantae, fungi atau jamur, protista, monera atau uniseluler tanpa nukleus, dan eukariotik dengan jaringan sederhana.


Divisio/Divisi

Tingkatan divisi terletak satu tingkat di bawah kingdom. Divisi pada tumbuhan memiliki tiga kelas di dalamnya, yakni pteridophyta (tumbuhan paku), spermatophyta (tumbuhan berbiji), bryophyta (tumbuhan lumut).

Kelas

Urutan takson dibawah divisi berikutnya adalah kelas. Nama-nama tumbuhan memiliki akhiran nama yang berbeda, nama tersebut mengkategorikan tumbuhan berdasarkan kelasnya. Nama-nama takson kelas antara lain, –edoneae untuk tumbuhan biji tertutup,  -opsida untuk lumut, phyceae untuk alga, dan masih banyak yang lainnya.

Ordo/Bangsa

Bukan hanya takson kelas yang mengelompokkan tumbuhan, takson ordo juga mengelompokkan tumbuhan. Umumnya akhiran –ales digunakan untuk pengelompokan pada takson ordo. Seperti contoh berikut, kelas dicotyledoneae terbagi menjadi beberapa ordo, yaitu cucurbitales, solanales, asterales, rosales, malvales, dan juga poales.

Famili

Takson famili berada di bawah takson bangsa/ordo yang berarti anggota takson bangsa akan dikelompokkan lagi menjadi beberapa famili. Penggunaan akhiran –aceae biasanya digunakan pada takson famili ini. Contoh akhiran aceae diantaranya cucurbitaceae, asteraceae, malvaceae, solanaceae, dan poaceae.

Genus

Setiap anggota takson famili kemudian akan digolongkan lagi menjadi beberapa genus. Takson genus merupakan takson yang mempunyai kaidah atau aturan khusus dalam penulisan nama genus, yaitu huruf besar pada kata pertama dan dicetak miring atau diberikan garisbawah.

Contoh penulisan genus yang akan diambil dari famili poaceae, yaitu genus Zea (jagung), Saccharum (tebu), Oryza (padi-padian), dan juga Triticum (gandum).

Spesies 

Dari setiap taksonomi tumbuhan yang ada, spesies merupakan takson yang memiliki persamaan ciri-ciri paling banyak dibandingkan dengan takson-takson tumbuhan. Takson ini mempunyai organisme yang jika melakukan perkawinan secara alamiah akan mendapatkan keturunan yang subur.


Nama spesies memiliki dua kata, dimana kata pertama menunjukkan nama genus dan nama kedua menandakan nama spesifiknya. Misal nama spesies pada genus rosa, yaitu Rosa canina, Rosa multiflora, Rosa gigantea, Rosa alba, Rosa dumalis, dan Rosa rugosa.

Contoh urutan takson pada tumbuhan

1. Urutan takson lumut hati

Kingdom    : Plantae

Division    : Hepaticophyta

Kelas        : Hepaticosida

Ordo         : Hepaticoceales

Family      : Hepaticoceae

Genus       : Hepaticopsida

Spesies     : Hepaticopsid


2. Urutan takson padi

Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophyta

Kelas : Monokotil

Ordo : Poales

Famili : Poaceae

Genus : Oryza

Spesies : Oryza sativa


3. Urutan takson jagung

Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophyta

Kelas : Monokotil

Ordo : Poales

Famili : Poaceae

Genus : Zea

Spesies : Zea mays


0 Response to "Taksonomi Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel