teks eksplanasi pengertian, ciri serta contohnya



 selamat pagi adik-adik, bagaimana kabarnya hari ini. Tetap semangat ya untuk belajar. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang teks eksplanasi. Mari kita belajar bersama.

Pengertian teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi informasi tentang fenomena atau kejadian yang terjadi di masyarakat atau informasi mengenai suatu hal. Beberapa contoh yang dapat dijadikan teks eksplanasi misalnya tentang budaya masyarakat, fenomena alam serta proses terjadinya sesuatu.

Dalam teks eksplanasi mengandung suatu pokok pembicaraan. Kita dapat menemukan informasi dari teks ekplanasi dengan menggunakan  kata tanya 5W1H yaitu apa, siapa, di mana, kapan, mengapa  dan bagaimana  yang dirangkai menjadi kalimat yang sesuai dengan teks tersebut .

Tujuan teks eksplanasi adalah memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai proses terjadinya sesuatu. Struktur teks eksplanasi yaitu terdiri dari pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi) serta penutup (simpulan).

Pada bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Sedangkan bagian penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari suatu peristiwa yang terjadi. Bagian penutup berisi simpulan dari teks atau pendapat penulis mengenai fenomena yang telah dijelaskan dalam teks.


contoh teks eksplanasi

Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Tanah longsor menjadi salah satu di antara bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Secara ilmiah, peristiwa ini terjadi akibat pergerakan tanah dari atas sehingga bisa menimpa atau menimbun apa pun yang ada di bawahnya. Tanah longsor sering  terjadi pada daerah pegunungan atau perbukitan, terutama saat musim penghujan. Meski demikian, tidak jarang pula bencana alam ini terjadi di dataran rendah karena disebabkan faktor lain.


Urutan Sebab Akibat fakta serta pembuktian

Bencana alam ini terjadi dikarenakan adanya sebab-sebab tertentu. Curah hujan tinggi yang terjadi dalam waktu yang relatif lama bisa menjadi penyebab utama terjadinya tanah longsor. Ketika musim kemarau, tanah akan menjadi sangat kering sehingga muncul retakan/pori-pori pada permukaan tanah. Ketika memasuki musim hujan, retakan tersebut akan mudah terisi oleh air sampai pada titik jenuhnya. Struktur tanah yang sudah tidak kuat menahan resapan air tersebut akhirnya akan bergerak ke bawah dan terjadilah tanah longsor.


Meskipun terlihat sama saja, tanah memiliki struktur yang berbeda-beda. Struktur tanah yang tipis dan kurang tebal akan mengakibatkan lebih mudah longsor. Misalnya pada tanah lempung yang  memiliki tekstur lembek lebih rentan terhadap pergeseran tanah. Selain itu jenis tanah liat memiliki ciri khas, yaitu menjadi pecah-pecah jika terkena panas dan akan lembek ketika diguyur hujan lebat.


Selain murni karena faktor alam, manusia bisa juga menjadi penyebab tanah longsor. Penebangan liar yang dilakukan manusia yang tidak bertanggung jawab akan mematikan sirkulasi air tanah. Air yang seharusnya diserap oleh tumbuhan akan masuk pori-pori tanah dan menyebabkan strukturnya tidak stabil lagi.


Interpretasi atau simpulan

Kesimpulannya, terdapat banyak faktor yang menyebabkan terjadinya bencana alam tanah longsor. Baik faktor alam dan juga manusia sama-sama memberikan dampak yang besar pada bencana ini. Meski demikian, kita juga dapat mencegah terjadinya tanah longsor dengan meningkatkan kesadaran dalam menjaga alam. Dengan tidak melakukan pembakaran hutan, penggundulan hutan, dan melakukan kegiatan  reboisasi dapat menjadi langkah awal pencegahan yang baik.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai teks eksplanasi semoga bermanfaat. Terimakasih dan sampai jumpa di materi berikutnya.


1 Response to "teks eksplanasi pengertian, ciri serta contohnya"

  1. Teks ekspanasi itu kalo dipikir-pikir mirip berita ya mbak, cuma bedanya ini berisi informasi.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel