"Perkembangbiakan Tumbuhan" materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 kurikulum merdeka

 


Assalamualaikum, selamat pagi adik-adik kelas 4. Bagaimana kabar hari ini? semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar materi kelas 4 kurikulum merdeka bab1 tumbuhan sumber kehidupan di bumi khususnya tentang perkembangbiakan tumbuhan. Yuk kita simak bersama.

Apakah tumbuhan di hutan ditanam manusia? jika tidak lalu siapa yang menanam? bagaimana cara tumbuhan berkembang biak? Mari kita pelajari bersama.

Perkembangbiakan pada tumbuhan dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu perkembangbiakan generatif (kawin) dan perkembangbiakan vegetatif (tidak kawin).

1. Perkembangbiakan generatif

Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan tumbuhan secara kawin melalui proses penyerbukan (jatuhnya serbuk sari/sel kelamin jantan ke kepala putik/sel kelamin betina) dan juga melalui penyebaran biji.

a. Proses Penyerbukan

Bagian bunga yang berperan sebagai alat perkembang biakan adalah putik dan benang sari. Penyerbukan adalah proses bertemunya serbuk sari dan putik. Serbuk sari menempel di kepala putik, kemudian bakal biji di putik akan berkembang menjadi biji. Proses penyerbukan terjadi dengan bantuan hewan, angin, dan juga manusia.

Jenis-jenis penyerbukan diantaranya

1. Penyerbukan sendiri, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik dalam satu bunga.

2. Penyerbukan tetangga, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik bunga lain dalam satu pohon.

3. Penyerbukan silang, yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik bunga lain dari tumbuhan sejenis yang berlainan pohon.

4. Penyerbukan bastar, yaitu yaitu menempelnya serbuk sari pada kepala putik bunga lain yang sejenis tetapi berbeda varietasnya.



b. Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna
Bunga sempurna letak putik dan benang sari berada dalam 1 bunga yang sama. Contohnya pada bunga stroberi dan bunga sepatu. Sedangkan bunga tidak sempurna benang sari dan putik terpisah dalam bunga yang berbeda. Contohnya tanaman jagung, kelapa, dan pepaya.

bunga sepatu


c. Penyebaran biji

Sama seperti proses penyerbukan, tumbuhan juga membutuhkan bantuan untuk menyebarkan biji. Saat biji sudah terbentuk, tumbuhan menyebarkan bijinya dengan bantuan hewan, angin, air dan manusia.  



2. Perkembangbiakan vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan adalah proses perkembangbiakan yang tidak dimulai dengan pembuahan (fertilisasi). Perkembangbiakan secara vegetatif dibagi menjadi perkembang biakan vegetatif alami contohnya dengan tunas, spora, umbi akar, umbi batang. Dan perkembang biakan vegetatif buatan contohnya stek, cangkok dan okulasi.

Demikianlah sedikit materi perkembang biakan tumbuhan semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to ""Perkembangbiakan Tumbuhan" materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas 4 kurikulum merdeka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel