silabus kurikulum 2013 kelas 5 tema1



http://vina191214.blogspot.co.id/
Salam jumpa ujung tombak pendidikan, pada kesempatan kali ini saya share silabus kurikulum 2013 untuk kelas 5 tema 1 yakni bermain dengan benda-benda sekitar, untuk kelas 5 nanti ada lima tema yang akan di bahas semoga bisa membantu sobat pendidik semuanya, silahkan ikuti terus blog ini untuk mendapat informasi yang lebih lengkap



KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK


Nama Sekolah           :  _______________________________

Kelas / Semester       :  V (Lima) / 1


Nama Guru                 :  _______________________________

NIP / NIK                     :  _______________________________




Lampiran :
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013
Tentang Silabus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah


SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

I.       PENDAHULUAN
Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum.

Silabus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:
1.    kompetensi inti;
2.    kompetensi dasar;
3.    materi pembelajaran;
4.    kegiatan pembelajaran;
5.    penilaian;
6.    alokasi waktu; dan
7.    sumber belajar.

II.      PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS
1.    Silabus dikembangkan dengan prinsip-prinsip:
2.    Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
3.    Aktual dan Kontekstual
Silabus selalu memperhatikan perkembangan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni yang mutakhir.
4.    Fleksibel
Silabus selalu memberikan rujukan dan ruang yang lebih luas kepada guru untuk menyusun perencanaan mengajar.
5.    Menyeluruh
Silabus mencakup pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh dalam ranah kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

III.     MEKANISME DAN LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS
A.   Mekanisme Pengembangan Silabus
Silabus dikembangkan oleh:
1.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silabus untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu silabus mata pelajaran untuk Kelompok A dan Kelompok B.
2.    Dinas Pendidikan
a.    Silabus yang dikembangkan pada tingkat daerah yaitu silabus sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah yang bersangkutan.
b.    Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah provinsi ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi.
c.     Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
3.    Satuan Pendidikan
Silabus yang dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan yaitu silabus muatan lokal yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan.
B.   Langkah-langkah Pengembangan Silabus
1.    Mengkaji Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
a.     urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
b.     keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
c.      keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
2.    Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
a.    potensi peserta didik;
b.    relevansi dengan karakteristik daerah,
c.     tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
d.    kebermanfaatan bagi peserta didik;
e.    struktur keilmuan;
f.     aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
g.    relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
h.    alokasi waktu.
3.    Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a.    Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b.    Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c.     Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
d.    Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
4.    Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
5.    Penentuan Jenis Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.
a.    Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
b.    Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
c.     Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
d.    Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
e.    Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.
6.    Menentukan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.
7.    Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

IV.     PENGEMBANG SILABUS
1.    Pengembangan silabus pada tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan.
2.    Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat daerah dilakukan oleh:
a.    Tim Pengembangan Kurikulum provinsi untuk wilayah provinsi.
b.    Tim Pengembangan Kurikulum kabupaten/kota untuk wilayah kabupaten/kota.
3.    Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), atau Pusat Kegiatan Guru (PKG).

V.      SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
Silabus untuk SD/MI adalah sebagai berikut:


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan         :   SD/MI
Kelas / Semester             :   V (Lima) / 1
Tema 1                           :   Bermain dengan benda-benda di sekitar

 

Kompetensi Inti
KI 1    :   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3    :   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, mengajukan pertanyaan berkenaan dengan dan mencoba berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4    :   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan ana ksehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKn

1.1    Menghargai semangat kebhinneka tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat

1.2.   Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasya-rakat dan berbangsa

·     Semangat kebhinneka tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasya-rakat
·     Mengamati  media gambar/audio visual/ melihat langsung nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·     Mengamati gambar perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Membaca isi teks tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Memperhatikan peragaan tentang konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
·     Mengamati berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
·     Memperhatikan peragaan tentang kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
·     Mengamati berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan untuk menentukan panjang sisinya
·     Menyimak penjelasan tentang berbagai bentuk pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
·     Mengamati model rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menyimak perbedaanrangkaian seri dan parallel dengan menggunakan sumber arus searah
·     Memperhatikan cara pembuatan  kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
·     Menyimak dan memperhatikan teknikmembuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
·     Mengamati gambar aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Menyimak penjelasan tentangprinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Mendengarkan harmoni musik dan lagu daerah yang diperdengarkan
·     Membaca teks tentang fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Membaca prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Mengamati gambar tentang unsur-unsur
·     Mengapresiasi secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
·     Mengamati gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
·     Memperhatikankarya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Mengamati pengaruh aktivitas fisik yang  berbeda terhadap tubuh
·     Menyimak kanvariasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasidan atau tradisional
·     Mengamati kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominanposisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen)

Menanya
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·     Bertanya jawab berkenaan dengan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan isi teks proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Tanya jawab berkenaan dengan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Bertanya jawab berkenaan dengankonsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganberbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
·     Bertanya jawab berkenaan dengankubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganberbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
·     Tanya jawab berkenaan denganberbagai bentuk pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
·     Bertanya jawab berkenaan denganrangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganrangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
·     Tanya jawab berkenaan dengan pembuatan  kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan cara membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
·     Bertanya jawab berkenaan denganaktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganprinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Tanya jawab  pertanyaan berkenaan denganharmoni musik dan lagu daerah
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganfungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Tanya jawab  pertanyaan berkenaan denganunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
·     Tanya jawab berkenaan dengansecara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
·     Bertanya jawab  berkenaan dengan karya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan denganpengaruh aktivitas fisik yang  berbeda terhadap tubuh
·     Mengajukan pertanyaan berkenaan dengankanvariasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasidan atau tradisional
·     Melakukan wawancara berkenaan dengankombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominanposisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen)

Mengeksperimen
·     Menentukan nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·     Berdiskusi tentang perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Mendiskusikan isi teks tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Membuat konsep untuk memudahkan cara perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
·     Menentukanberbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
·     Menentukan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
·     Berdiskusi untuk menentukanberbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
·     Membuat suatu konsep tentangpecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
·     Membuat rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Membedakan rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
·     Melakukan percobaan cara pembuatan  kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
·     Menentukan cara membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
·     Mendiskusikan tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Berdiskusi tentang prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Menentukanprosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Menentukanunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Mendiskusikan ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
·     Menentukan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
·     Berlatih gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
·     Menentukankarya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Berdiskusi tentang pengaruh aktivitas fisik yang  berbeda terhadap tubuh
·     Melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasidan atau tradisional
·     Melakukan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominanposisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen)

Mengasosiasi
·     Menyimpulkan  nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·     Menentukan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Menyimpulkan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Membuatkonsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
·     Menyimpulkanberbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
·     Menentukankubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
·     Menentukanberbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
·     Menyimpulkan pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
·     Membuatrangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Membedakanrangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
·     Menyimpulkan cara pembuatan  kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
·     Menyimpulkan cara membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
·     Menentukan aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Menentukan aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Menyimpulkanprinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Menjelaskanprosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Menyimpulkanunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Membuatilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
·     Menyimpulkansecara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
·     Menirukangerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
·     Membuatkarya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Menarik kesimpulanpengaruh aktivitas fisik yang  berbeda terhadap tubuh
·     Menirukan variasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasidan atau tradisional
·     Memperagakan kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominanposisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen)

Mengkomunikasikan
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·     Menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Bercerita isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Menceritakan hasil konseptualisasi konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
·     Menceritakan berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
·     Melaporkan hasil praktek membuatrangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menyampaikan hasil konseptualisasirangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah
·     Menceritakan cara pembuatan  kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi cara membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
·     Menceritakan aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
·     Menceritakan tentang prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Menyampaikan  hasil konseptualisasi harmoni musik dan lagu daerah
·     Bercerita tentangfungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
·     Menyampaikan hasil konseptualisasiprosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Menceritakan tentangunsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
·     Menceritakan tentanggerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi karya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Bercerita tentang pengaruh aktivitas fisik yang  berbeda terhadap tubuh
·     Menyampaikan hasil konseptualisasi kanvariasi dan kombinasi gerak dasar  atletik lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasidan atau tradisional
·     Menceritakan tentang kombinasi pola gerak dominan untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam pada alat yang berbeda (seperti: balok, kuda-kuda, palang) dan variasi dan kombinasi pola gerak dominanposisi statis dan dinamis,  tumpuan dan gantungan (misalnya: piramid) dalam kelompok kecil  (dasar standen)

Proyek
·     Mengamati gambar di perpustakaan/sum-ber belajar lainnya tentang simbol Pancasila
·     Lingkungan sekitar tentang listrik dan magnet


Portofolio
·     Kliping simbol pancasila
·     Menulis cerita proses daur air, listrik dll
·     Membuat berbagai bangun ruang
·     Membuat rangkaian listrik seri dan pararel

Tes lisan, Tertulis dan Perbuatan
·     Bernyanyi
·     Membaca cerita
·     Mengerjakan LKS tentang penarikan akar dan perpangkatan
·     Menyelesaikan LKS Penjumlahan, pengurangan perkalian, dan pembagian
·     Memainkan alat musik daerah
·     Menyanyikan lagu daerah
·     Melaporkan hasil diskusi/observasi
·     Demontrasi tentang keanekaragaman budaya/gaya/gerak
·     Mempraktekkan gerak dasar atletik
·     Mempraktekkan tentang senam berirama
 7 x 32 jam pelaja-ran (JP)
·     Buku tematik kelas v  tema 1
·     Media gambar
·     Casette tape recorder
·     Bahan rangkaian listrik
·     Alat musik, peluit dll
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll

·     Kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasya-rakat dan berbangsa


2.1    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


2.2    Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warga-negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945

·     Perilaku disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila


·     Perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warga negara

2.3    Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat

·     Penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat

2.4    Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat



·     Perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat

3.1    Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
·      
·     Nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.1.   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
·     Perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencermin-kan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia

1.1    Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengeta-huan



·     Makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengeta-huan
·     Anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam

1.2    Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam

2.1    Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan  rantai makanan serta kesehatan melalui peman-faatan bahasa Indonesia

·     Makanan dan  rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.2    Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

·     Proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan



2.3    Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

·     Ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.4    Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

·     Bencana alam dan keseimbang-an ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara

2.5    Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia


·     Nilai-nilai perkembang-an kerajaan Islam
3.2.   Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

·     Proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan



4.2.    Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·     Proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri

Matematika
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
·     Menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, dan tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas
·     Sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, dan tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam melaksana-kan tugas

2.2    Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.

·     Sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.

2.3    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

·     Rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika




2.4    Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan

·     Sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan

2.5    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

·     Sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman

3.1    Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana


·     Konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana


3.2    Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian

·     Bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian
3.3.   Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola

·     Pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola



4.1.   Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

·     Pecahan sebagai hasil penjumlahan,pengurang-an, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen

4.7    Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana


·     Menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
4.11  Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan

·     Membentuk berbagai bangun ruang
IPA

1.1    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

·     Hubungan keteraturan dan komplek-sitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang mencipta-kannya

2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi


·     Menunjuk-kan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

·     Penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok



3.4.  Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet

4.3    Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah

·     Membuat rangkaian seri dan parallel

4.4    Membuat kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi

·     Kompas sederhana

4.5    Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet

·     Elektro-magnet sederhana
IPS



1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya


·     Waktu dengan segala perubahan-nya

1.2    Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertim-bangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat

·     Kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat




1.3    Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

·     Manusia dan lingkungan-nya

2.1    Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung-jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan  kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan


·     Tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan  kebangsaan

2.2    Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan  lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik

·     Motivasi internal ketika berhubung-an dengan  lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik

2.3    Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggu-langan permasalahan lingkungan hidup

·     Penanggu-langan permasalah-an lingkungan hidup

3.1    Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional

·     Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya



4.1.   Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
·     Pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlan-jutannya
SBdP



1.1    Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan


·     Karya seni daerah

2.1    Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni

·     Mengolah karya seni

2.2    Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

·     Alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide

2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni

·     Alam sekitar melalui berkarya seni



2.4    Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di rumah dan sekolah
·     Bekerja-sama dan berinteraksi dengan mengguna-kan bahasa daerah di rumah dan sekolah
3.1    Mengenal prinsip seni dalam menggambar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara
·     Prinsip seni dalam menggam-bar komik, dekoratif dan membentuk topeng Nusantara

3.2    Mengenal harmoni musik dan lagu daerah

·     Harmoni musik dan lagu daerah

3.3    Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari


·     Fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari
3.4    Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah
·     Karya kreatif berdasar-kan ciri khas daerah




3.5    Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah


·     Unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah

4.1    Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan

·     Menggambar ilustrasi dengan menerapkan proporsi dan komposisi

4.6    Menyanyikan secara berkelompok lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya

·     Lagu anak-anak dengan iringan musik vokal sesuai dengan asal daerahnya
4.9.   Menemukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi

·     Gerak tari
4.13. Membuat karya kreatif dari bahan tali temali dengan cara sederhana yang mengacu pada kerajinan Nusantara
·     Kerajinan Nusantara
PENJAS ORKES
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
·     Tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampu-annya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta


·     Kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina



2.1.   Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran

·     Perilaku sportif

·     Penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3.   Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
·     Karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik

·     kemauan Bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik

·     Penggunaan peralatan

·     Aktivitas fisik
3.1.   Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.2    Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
3.3    Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
·     Pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar
4.1.    Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.2.    Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.3    Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional

·     Variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar






Mengetahui Kepala Sekolah
SD / MI ..........................…….




( ________________________________ )
NIP/NIK : …………………

…………..., ………………… 20 …        
Guru Kelas V (Lima)




( ________________________________ )
NIP/NIK : …………………

0 Response to "silabus kurikulum 2013 kelas 5 tema1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel