4 Cara Mendidik Anak Secara Islami Menurut Al Quran dan Hadist



Cara mendidik anak secara islami adalah pengetahuan yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang tua. Dengan mengikuti apa yang sudah terkandung didalam As-sunnah dan Al-Quran, kita semua berharap agar anak-anak bisa bertumbuh sesuai syariat islam.

Jangan takut dengan syarat ini dan itu yang membingungkan, karena cara mendidik anak secara islami sebenarnya mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil yang didapat tergantung bagaimana kita menerapkannya secara konsisten atau tidak.

Sudah penasaran? Kalau begitu langsung saja disimak informasinya dibawah ini. 
Cara Mendidik Anak Secara Islami Agar memiliki Adab Yang Baik

1.Mengajarkan anak agar tidak berbohong
Seiring dengan bertambahnya usia, kita akan menemukan jika anak-anak mulai pandai berbohong. Jika Anda mendapati anak-anak berbohong, sebaiknya jangan langsung meluapkan amarah.

Alangkah baiknya, Anda menunjukkan rasa cinta kasih kepada anak-anak dengan memberitahu mereka secara halus. Beritahukan jika berbohong itu adalah tindakan buruk dan berdosa. 

Sejak dini kita harus gencar menghindarkan anak dari kebiasaan berbohong, supaya tidak terbawa sampai dewasa nanti. 


2.Mengajarkan anak untuk sholat
Kita semua tahu, apabila sholat adalah tiang agama. Maka dari itu, pastikan Anda sudah mengajarkan anak-anak tentang sholat sejak usia belia. Namun tidak langsung menyuruhnya sekaligus, namun melalui beberapa tahap.

Seperti yang diteringkan di kitab Imam ash Shadiq dan Imam al Baqir ra, ketika anak berusia 5 tahun dan sudah memahami arah, tunjukkan kepada mereka tentang arah kiblat shalat.

Di usia 7 tahun, biasakan anak-anak untuk membasuh kedua telapak tangan dan muka. Kemudian mulai ajari mereka melaksanakan shalat.

Setelah memasuki usia 9 tahun, Anda bisa mengajarkan tata cara berwudhu dari awal sampai akhir dan membiasakan shalat 5 waktu. 


3.Mengisi pengetahuan anak dengan keimanan
Sejak usia dini, hal pertama yang sebaiknya ditanamkan didalam diri anak-anak adalah Tauhid. Bangun pondasi keimanan anak-anak dengan keyakinan jika tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali ALLAH SWT.

Ketika anak-anak sudah menanamkan keimanan sejak usia dini, maka hal ini akan memudahkan mereka untuk mempelajari ilmu-ilmu agama yang lain. 


4.Melatih anak agar tidak suka memukul sesama
Selain berbohong, memukul sesama adalah perilaku buruk yang biasa ditemukan dalam diri anak-anak. Karena belum memiliki penalaran, anak-anak mudah sekali memukul teman-temannya saat bermain.

Agar kebiasaan ini tidak semakin parah, Anda sebagai orang tua harus menanamkan pada diri anak-anak jika memukul bukanlah hal yang baik. Jangan biarkan anak-anak Anda mudah memukul teman atau adiknya. Ini penting dan biasa diremehkan oleh sebagian ornag tua.


Baiklah, mungkin cukup sekian postingan saya tentang 4 cara mendidik anak secara islami. Semoga apa yang sudah saya tulis diatas bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

6 Responses to "4 Cara Mendidik Anak Secara Islami Menurut Al Quran dan Hadist"

  1. Semakin bertambahnya usia anak memang harus dikenalkan dengan ilmu agama,agar kelak tidak terlena

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali kak, karena ilmu agama merupakan dasar dari setiap tindakan yang dilakukan kelak bahkan sampai di akhirat

      Delete
  2. Setuju dengan poin-poin di atas. Bismillah semoga bisa mendidik anak secara islami.

    ReplyDelete
  3. Empat point yang sangar bagus. Anak adala ibarat kertas kosong, yang mudah diisi dan mudah sekali meninggalkan jejek ingatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung masih kecil mas ya,..he-he,.kalau udah besar sulit dah untuk belajar baik,..he-he

      Delete
  4. ini keren dah infonya, saya jadi tersentuh, kalau cara ini dipraktekkan denagn benar bukan tidak mungkin anak akan jadi luar biasa

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel